Kamis, 19 Sep 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Air Terjun Suwat Jadi Objek Wisata, Tiket Masuk Rp 10 Ribu

21 Agustus 2019, 22: 41: 28 WIB | editor : Nyoman Suarna

Air Terjun Suwat Jadi Objek Wisata, Tiket Masuk Rp 10 Ribu

AIR TERJUN: Air Terjun Suwat di Tukad Melahange, Desa Suwat, Gianyar bakal dibuka untuk pariwisata. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, GIANYAR – Air terjun di Desa Suwat, Gianyar, dalam waktu dekat akan menjadi objek wisata. Oleh karena itu, dalam seminggu terakhir ini warga setempat tengah mempersiapkan areal air terjun guna dibuka untuk wisatawan. Rencananya, tiket masuk ke objek baru ini dipatok Rp 10 ribu per orang. Hal itu diungkapkan Bendesa Suwat Ngakan Ngurah Dibia saat ditemui, Rabu (21/8).

Untuk mencapai air terjun itu, para pengunjung bisa melalui akses jalan setapak dari samping Pura Dalem Suwat. Diungkapkan Ngurah Dibia, untuk tahap awal, pihaknya sedang menggodok kerja sama dengan delapan warga pemilik lahan. “Ada lahan seluas 1 hektare, totalnya milik delapan orang. Itu kami buatkan kerja sama agar nanti ketika ramai tidak menjadi persoalan lagi,” ungkapnya.

Untuk mencari air terjun tersebut, jalan setapak menurun sepanjang 200 meter menggunakan lahan milik warga. Karena keterbatasan dana saat ini, pihaknya baru sebatas melakukan penataan di jalan setapak yang terjal tersebut. “Untuk jalan yang menurun curam, kami tata dan kasih batako saja. Kalau jalan setapak lurus, sementara tidak perlu. Karena tanahnya keras,” terangnya.

Lokasi Air Terjun Suwat berada di antara jalur objek wisata ternama, yaitu Tampaksiring. Hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit dari Tampaksiring, dan bisa langsung ke Kintamani. “Kalau sesuai peraturan desa adat yang baru, desa bisa mengelola ini. Seperti apa yang diatur dalam Baga Usaha Desa,” tandasnya.

Air itu mengalir dari Tukad Melahange, dan ketinggian air terjun mencapai 15 meter. Di balik air terjun, juga terdapat sebuah goa kecil, dan pengunjung bisa masuk ke goa tersebut. “Kalau memejamkan mata, aura spiritualnya bagus sekali,” imbuhnya.

(bx/ade/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia