Selasa, 17 Sep 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali
Festival Jatiluwih, 20-22 September 2019

Sediakan Camping Ground, Digelar dengan Konsep Berbeda

29 Agustus 2019, 11: 08: 06 WIB | editor : I Putu Suyatra

Sediakan Camping Ground, Digelar dengan Konsep Berbeda

BERBEDA: Festival Jatiluwih 2019 yang mengangkat tema 'Memuliakan Dewi Sri untuk Kesejahteraan dan Harmoni', dilaksanakan dengan konsep berbeda dengan festival yang sudah ada. (MANAJEMEN DTW JATILUWIH FOR BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, JATILUWIH - Sebentar lagi event akbar yang paling dinanti-nanti akan datang. Apalagi kalau bukan Festival Jatiluwih 2019 yang akan digeber 20-22 September 2019.

Festival Jatiluwih 2019 tidak hanya menampilkan acara hiburan saja, karena juga ada beberapa stand kuliner, souvenir, dan sejumlah stand sponsor yang siap memanjakan lidah pengunjung. Yang tak kalah serunya ada camping ground yang membuat festival ini berbeda dari festival lainnya. Ketua Harian Festival Jatiluwih 2019 sekaligus Manajer Gong Jatiluwih Agus P. Wardana menjelaskan, pre event Jatiluwih Festival 2019 sudah di mulai sejak  Juni 2019. Kegiatan diisi dengan panen raya, kemah budaya pada bulan Juli, karantina hingga Grand Final Duta Hijau Bali 2019 pada  Agustus 2019 sampai nanti acara puncak Jatiluwih Festival 2019 pada bulan September 2019 mendatang.

"Ini adalah festival kedua  yang kita adakan di lokasi D,Uma Jatiluwih Art & Culture Hill. Dimana lokasi ini merupakan sebuah bukit asri di tengah sawah Jatiluwih yang indah," tegasnya kepada Bali Express ( Jawa Pos Group) kemarin.

Untuk menuju ke areal ini, pengunjung bisa berjalan kaki sambil menikmati indahnya pemandangan sawah dan gunung Jatiluwih. "Saat ini kita sudah mempersiapkan segala kebutuhan di lokasi agar acara festival  berjalan dengan baik," lanjut pria yang akrab disapa Wayang tersebut.

Selain Manajemen DTW Jatiluwih, festival kali ini juga melibatkan finalis Duta Hijau Bali dan anak-anak muda Desa Jatiluwih, agar mereka bisa belajar dan dikemudian hari bisa mengelola Festival Jatiluwih dengan mandiri. "Jadi, jangan sampai acara ini terlewatkan, dan catat tanggalnya, yakni 20 hingga 22 September 2019," tambah Manajer Operasional DTW Jatiluwih, I Nengah Sutirtayasa.

Adapun tema yang diangkat dalam Festival Jatiluwih 2019 ini adalah 'Glorifying Dewi Sri for Prosperity and Harmony', yakni Memuliakan Dewi Sri untuk Kesejahteraan dan Harmoni.
Hakikat Dewi Sri dalam falsafah Bali adalah perihal kuasa atas kelahiran dan kehidupan, representasi yang disimbolkan dengan ketersediaan bahan makanan di bumi, terutama padi.

"Memuliakan Dewi Sri mengandung pemahaman dan pesan agar proses yang terdapat di Jatiluwih ini menjadi perhatian kita semua untuk diyakini, didorong dan dijalankan sebagai laku lampah memelihara dan melestarikan padi dalam relasinya sebagai aspek penting dalam memaknai kelahiran dan kehidupan untuk kesejahteraan dan harmoni. Hal ini berelasi erat dengan pemaknaan Tri Hita Karana sebagai hubungan integral antara Tuhan, manusia, dan alam," pungkasnya.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia