Selasa, 17 Sep 2019
baliexpress
icon featured
Bali Under The Moon

Serunya Bareng Pecinta Salsa Dance di Bali

31 Agustus 2019, 13: 36: 03 WIB | editor : I Putu Suyatra

Serunya Bareng Pecinta Salsa Dance di Bali

BERKEMBANG : Penggemar Tari Salsa semakin berkembang di Bali, menyusul ada tempat khusus untuk berekspresi. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, KUTA - Selain Yoga, Tari Salsa belakangan ini  mulai digandrungi sejumlah  kalangan. Euforia ini pun turut berkembang, seiring  bertumbuhnya  tempat hiburan yang ikut mengemas event night party, khusus untuk  pecinta Salsa Dance. 

Bar B Zar, salah satu Cocktail Bar yang berlokasi di Jalan Drupadi, Seminyak yang menyediakan Salsa Dance. Venue yang lengkap dengan restoran dan arena billiard dikonsep terlihat elegant dengan arena stage atau lantai dansa di bagian tengah berukuran luas. 


Pastinya, pengunjung yang datang disuguhkan dengan aksi penar Salsa dari Bali Salsa Community di acara 'Salsa Night'. Suguhan ini dikemas dengan menggabungkan antara Tari Salsa, Latin, dan Line Dance yang dimulai sejak pukul 19.00 Wita. “Kegiatan ini  sangat terbuka bagi pemula yang tertarik mempelajari  Salsa. Sifatnya umum, bebas, free dan tidak dipungut biaya," terang Jhonathan, salah satu anggota dari Bali Salsa Community  kepada  Bali Express (Jawa Pos Group), saat menjadi host di event ‘Salsa Night’, Selasa (27/8) malam lalu.

Untuk konsep tariannya, lanjutnya,  Salsa Dance  dipadukan dengan konsep  Social Dance Party, Bachata, Kizomba, dan Line Dance. Ia mengatakan, kegiatan ‘Salsa Night’ rutin dilakukan Selasa dan Jumat setiap minggunya. Bahkan, tidak hanya komunitas Salsa saja, namun juga sangat terbuka bagi komunitas lainnya.

“Dengan adanya kegiatan Salsa Night, nantinya Bar B Zar bisa menjadi wadah bagi orang yang memiliki kesamaan hobi akan Tarian Latin ini, baik dari komunitas maupun perorangan,” lanjut pengajar Salsa Dance yang akrab disapa Jojo ini.


Terbukti,  antusiame pengunjung, baik wisatawan lokal ataupun mancanegara memenuhi lantai dansa. Hentakan dentuman musik pengiringnya juga kian memacu adrenalin crowd untuk tetap betah menikmati malam kebersamaannya di Bar B Zar. “Sebenarnya jenis Tarian Salsa ini sudah bisa menarik perhatian pendengar dari musiknya. Dan, akan lebih asyik dan sempurna jika gerakannya bisa  dipelajari,” ujar Jojo.

Apalagi, lanjut Jojo, Tari Salsa tidak sekadar tarian. Namun, banyak khasiat yang diperoleh ketika melakukan gerakan-gerakan yang ada dalam tarian tersebut. "Tidak serumit kedengarannya, tarian ini mudah dan bisa dilakukan dimana saja," paparnya. 
Ditambahkannya, Tari Salsa adalah sebuah tarian populer berasal dari Karibia, sama halnya seperti Zumba ataupun Bacanta. Tari Salsa juga menjadi cara olahraga yang menyenangkan dan juga sehat. “Gerakannya juga sangat simple dan mudah dilakukan. Setiap gerakan itu membuat orang yang melakukannya menjadi happy dan bersemangat. Buktinya acara kita di Bar B Zar selalu seru,” papar koreografer Salsa asal Medan, yang sempat mengikuti ajang Salsa Dance berskala internasional.


Selain itu, dengan belajar Salsa juga bisa melatih otak. Karena menurut Jojo, pria pada saat menari harus menjadi leader agar bisa mengajak lawan jenisnya atau pasangannya untuk menggerakkan tangan dan kaki yang serasi sesuai tempo dan ketukan musik yang sedang diputar. Tidak hanya itu, lanjutnya, Tarian Salsa juga sangat bagus untuk dijadikan sebagai alat untuk mengolah napas. “Jika mereka tak suka atau tak punya waktu untuk berolahraga, lakukan saja gerakan Tari Salsa  sebagai alternatif,”paparnya.


Terkait perkembangan  pecinta Salsa di Bali, diakui Jojo pertumbuhannya semakin banyak peminatnya. Dicontohkannya, Bali Salsa Community yang terbentuk sejak tahun 90-an ini,  anggotanya kian menjalar di berbagai tempat di Bali, seperti  di Ubud, Denpasar, Jimbaran, dan Nusa Dua. “Sampai saat ini kita masih tetap eksis ya. Apalagi kecenderungan pasar untuk menyediakan wadah kepada para penikmat Salsa cukup banyak. Seperti yang dikemas  Bar B Zar ini,” tutup Jojo.

(bx/vir/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia