Jumat, 06 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Politik

PDIP Sapu Bersih Posisi Ketua AKD

03 September 2019, 19: 11: 35 WIB | editor : Nyoman Suarna

PDIP Sapu Bersih Posisi Ketua AKD

KETUA : Ketua Fraksi PDIP Gianyar, I Ketut Sudarsana saat ditemui di ruangannya, Selasa (3/9). (PUTU AGUS ADEGRANTIKA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, GIANYAR - Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Gianyar memastikan memborong seluruh posisi ketua Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Gianyar. Terbaru, posisi ketua badan kehormatan (BK) diduduki I Ketut Sumadhi. Hal itu bukan lantaran partai mayoritas dan minoritas, melainkan untuk memperlancar gerak pihaknya membantu masyarakat.

Diwawancarai Bali Express (Jawa Pos Group), Ketua Fraksi PDIP Gianyar I Ketut Sudarsana mengaku, perebutan posisi BK sempat tarik ulur. Bahkan sejak pelaksanaan prosesi mejaya-jaya (acara pelantikan), pihaknya sudah secara instensif melakukan koordinasi dengan fraksi lain. “Sejak mejaya-jaya kami sudah terus menjalin komunikasi dengan fraksi lain. Ini bagian strategi,” ujarnya, Selasa (3/9).

Sebelumnya memang sempat ada kabar burung, bahwa posisi ketua BK akan diberikan kepada I Made Togog dari Fraksi Golkar. Namun Ketut Sena, sapaan akrab pria ini menyampaikan, segala sesuatu bisa terjadi jika ada di dalam politik. “Apapun bisa terjadi, tapi di last minute, kami berhasil mendudukkan anggota kami di BK, yaitu Pak Ketut Sumadhi,” jelas politisi asal Desa Singapadu Kaler, Kecamatan Sukawati ini. 

Ketut Sena juga menambahkan, posisi BK tersebut dianggap penting. Terlebih hal itu merupakan gengsi partai.  Dengan duduknya anggota Fraksi PDIP sebagai ketua BK, maka seluruh posisi AKD resmi dikuasai PDIP. Sedangkan untuk posisi wakil ketua dan sekretaris diberikan kepada fraksi lain.

Diakuinya, diraihnya posisi ketua BK, merupakan hadiah bagi PDIP. “Itu persembahan yang luar biasa ke partai kami. Dengan diraihnya seluruh posisi ketua AKD, maka kita akan bekerja lebih maksimal. Ini bukan urusan, arogansi, mayoritas, melainkan untuk memperlancar tugas kami agar tidak ada hambatan sesuai aspirasi masyarakat,” tegasnya.

Untuk posisi ketua komisi mulai komisi I hingga komisi IV, juga disapu bersih oleh PDIP. Itu berdasarkan jumlah perolehan kursi di DPRD Gianyar yang mencapai 26 kursi. Seluruh anggota Fraksi PDIP dibagi rata ke seluruh komisi, sedangkan Fraksi PDIP juga telah menunjuk anggotanya menjadi ketua di masing-masing komisi. 

Untuk diketahui, ketua komisi I dijabat oleh Nyoman Mertayasa.  Ketua komisi II dijabat oleh Wayan Suartana. Ketua komisi III dijabat oleh Putu Febriantara , dan ketua komisi IV dijabat oleh Ni Made Ratnadi.

(bx/ade/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia