Selasa, 17 Sep 2019
baliexpress
icon featured
Sportainment

Pemkab Tabanan Mohon Api Suci Porprov Bali di Pura Luhur Batu Panes

05 September 2019, 17: 56: 32 WIB | editor : I Putu Suyatra

Pemkab Tabanan Mohon Api Suci Porprov Bali di Pura Luhur Batu Panes

MOHON API SUCI: Suasana mapekeling memohon api suci Porprov Bali XIV di Pura Luhur Batu Panes, Kamis (5/9). (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, TABANAN - Api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XIV 2019 telah dinyalakan. Namun Sebelum diarak keliling ke 8 Kabupaten di Bali, pihak panitia terlebih dahulu melakukan ritual Mepekeling memohon Api Suci di Pura Luhur Batu Panes, Banjar Belulang, Desa Mengesta, Kecamatan Penebel, Kamis (5/9).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Bali, yang diwakili Plt. Kadis Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, beserta seluruh OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, beserta undangan lainnya.

Kegiatan Mapekeling memohon api suci Porprov diawali dengan melakukan pembersihan dan pebiyakaonan oleh Pedanda dari Grya Timpag yang diikuti oleh Panitia Induk KONI atau Panitia Pelaksana Porprov XIV beserta para atlet Kabupaten Tabanan. Setelah melakukan ritual, Gubernur Bali I Wayan Koster yang diwakili Plt. Kadis Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali melakukan penyulutan Api Suci Porprov Bali XIV, kemudian diserahkan kepada Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, dilanjutkan kepada Ketua Panitia Induk Porprov Bali, I Komang Gede Sanjaya.

Kemudian Api Suci Porprov Bali diarak keliling ke beberapa Kecamatan di Kabupaten Tabanan dengan mengambil rute Kedampal-Mangesta-Jatiluwih-Senganan-Apuan-Pinge-Marga-Belayu-Kukuh-Kediri-Pandak-Beraban-Bengkel-Pejaten-Bongan-Sudimara-Seronga-Penyalin dan terakhir di Gedung Kesenian I Ketut Maria yang disambung ratusan siswa. Selanjutnya dari Gedung Maria, Regu Pelari yang telah disiapkan akan membawa Api Suci ke Kantor Bupati Tabanan untuk disemayamkan.

Ketua Panitia Induk Porprov Bali XIV, I Komang Gede Sanjaya, mengungkapkan Api Obor merupakan sejarah. Dimana pada jaman Yunani kuno dipergunakan sebagai pembukaan kegiatan olympiade pertama di muka bumi, dan hingga kini telah menjadi tradisi dalam setiap kegiatan atau event olahraga. Api suci dimaknai dengan Dewa Zeus, dimana api suci itu dikatakan dicuri dari api abadi Dewa Zeus shingga selalu dinyalakan dalam altar sebagai penghormatan kepada Dewa Zeus. "Namun dijaman modern ini, Api Suci dalam setiap event olahraga menunjukkan kobaran semangat dalam menyambut pesta olahraga, termasuk Pekan Olahraga Provinsi Bali ke XIV tahun 2019 yang dilaksanakan di Kabupaten Tabanan,” ujar pria yang juga Wakil Bupati Tabanan tersebut.

Dipilihnya Pura Luhur Batu Panes sebagai tempat permohonan Api Suci, dengan pertimbangan secara filosofis dan tatanan bahwa Pura ini adalah Pura yang memiliki atau mempunyai hubungan dengan Pura Batukau, sehingga sangat pas dan tepat dilakukan di Pura tersebut untuk membangkitkan rasa persaudaraan.  "Kita harapkan kesucian, semangat dan energi penyulutan Api Suci Porprov ini akan membangkitkan rasa persaudaraan serta persatuan, sehingga event olahraga ini terlaksana lebih bermartabat sesuai dengan jiwa sportivitas olahraga,” lanjutnya.

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti menambahkan jika Tabanan tidak hanya kaya akan alam namun juga kaya akan Pura, kahyangan jagat. dan ini merupakan suatu hal yang sifatnya sangat spiritual. "Karena dalam api Porprov ini kita lakukan di Pura yang kita banggakan, dimana ini merupakan cirri bahwa semangat dari api ini akan memberikan kemenangan untuk kita semua dan mempersatukan kita dalam dunia olahraga untuk memajukan Bangsa kita, Tanah Air Kita, khususnya program yang sudah kita jalankan selama ini,” ungkapnya.

Bupati Eka berharap, melalui kegiatan ini Tabanan bisa menguasai semua event olahraga selaku tuan rumah. "Artinya harus ada prestasi yang bertambah dari generasi muda, karena kita harapkan membangun generasi kita dari olahraga. Artinya membangun masa depan Bangsa dari dunia olahraga. Dengan hasil yang baik tentunya juga akan membawa nama yang baik untuk kita di Tabanan," tandas Bupati Eka.

Sementara itu Gubernur Bali yang dalam hal ini diwakili Plt. Kadis Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, I Made Rentin, memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati Eka beserta Panitia Induk Porprov Bali ke XIV tahun 2019 atas persiapan yang telah dilakukan. Sehingga rangkaian Porprov Bali yang dimulai hari ini dengan pengambilan Api Suci dapat terlaksana sesuai rencana.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kerja keras dalam persiapan yang telah dialakukan. Saya yakin dengan semangat kebersamaan dan dukungan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Tabanan, seluruh rangkaian Porprov Bali tahun ini akan berlangsung dengan sukses,” ujar Rentin.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia