Jumat, 06 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Kapolres Jamin Keamanan Warga Papua di Gianyar

10 September 2019, 19: 11: 33 WIB | editor : Nyoman Suarna

Kapolres Jamin Keamanan Warga Papua di Gianyar

WARGA PAPUA: Keamanan warga Papua yang sedang menempuh pendidikan di Kabupaten Gianyar dijamin Kapolres Gianyar AKBP Priyanto Priyo Hutomo. (ISTIMEWA)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS – Pemerintah Kabupaten Gianyar menjamin keamanan warga Papua yang tinggal di Gianyar, baik yang bekerja maupun sedang belajar karena  krama Bali, khususnya di Gianyar, memiliki toleransi tinggi. Hal itu diungkapkan Kapolres Gianyar AKBP Priyanto Priyo Hutomo, didampingi Kasubbag Humas Polres Gianyar IPTU I Ketut Suarnatha, Selasa (10/9).

Warga Papua yang tinggal di wilayah Gianyar, diminta tidak merasa resah ataupun takut terkait keamanan, terutama warga Papua yang masih duduk di bangku sekolah maupun berstatus pelajar.  "Toleransi antar warga di Kabupaten Gianyar selama ini sangat tinggi. Tidak pernah terjadi konflik SARA antar warga," paparnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah sering turun ke lapangan, mulai dari komunitas warga Papua hingga sekolah–sekolah untuk memantau dan meyakinkan keamananan warga Papua. "Bhabinkamtibmas dikerahkan juga untuk menjalin komunikasi dengan warga Papua yang ada di masing – masing desa," tandasnya. 


Sementara Kepala SMA N 1 Sukawati Drs. I Gusti Made Puja Armaya mengaku, setiap tahun ada 3 hingga 4 pelajar asal Papua dan Papua Barat yang menempuh pendidikan di sekolah yang dipimpinnya itu. Selama ini pihaknya sudah mendidik 21 pelajar asal Papua dan Papua Barat.

"Kalau tahun ini ada tujuh warga asal Papua yang masih belajar di Suksma. Mereka terdiri atas kelas X sebanyak 3 orang, kelas XI sebanyak 3 orang dan kelas XII hanya ada 1 orang," bebernya.

Ia menambahkan, anak didik asal Papua dan Papua Barat tersebut rata-rata memiliki semangat belajar yang tinggi. Bahkan untuk angkatan pertama, ada yang lolos ke IPDN dan kedokteran. "Saya selalu sampaikan kepada mereka,  bahwa ke sini untuk belajar dan harus memanfaatkan waktu dengan baik," imbuhnya.

(bx/ade/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia