Selasa, 17 Sep 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Pilkada Bangli, PDIP Munculkan Paket Sedana Arta-Diar

10 September 2019, 21: 00: 41 WIB | editor : Nyoman Suarna

Pilkada Bangli, PDIP Munculkan Paket Sedana Arta-Diar

Sang Nyoman Sedana Arta dan I Wayan Diar (ISTIMEWA)

Share this      

BANGLI, BALI EXPRESSSuhu politik jelang Pilkada Bangli 2020 mulai menghangat. Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bangli munculkan Sang Nyoman Sedana Arta sebagai calon bupati, dipaketkan dengan I Wayan Diar sebagai calon wakilnya (Sedana Arta-Diar). Hal itu terungkap dalam rapat DPC PDIP Bangli, Selasa (10/9).

Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik DPC PDIP Bangli I Ketut Mastrem mengatakan, agenda rapat sebenarnya membahas penjaringan calon bupati dan wakil bupati yang dibuka hingga akhir September.  Rapat penjaringan tersebut menindaklanjuti rapat DPD PDIP Bali tentang penjaringan calon bupati dan wakil bupati, yang juga sudah diatur dalam peraturan partai Nomor 24 Tahun 2017 tentang Rekrutmen dan Seleksi Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Namun dalam rapat yang dipimpin Ketua DPC PDIP Sang Nyoman Sedana Arta dan dihadiri pengurus DPC, berkembang usul untuk mengusung calon bupati dan wakil bupati sama-sama kader PDIP. Sebagai calon bupati dimunculkan Sedana Arta, didampingi Diar di posisi calon wakil bupati. “Melihat Kintamani daerah terbesar, wakilnya dari Kintamani,” ujar Mastrem.

Meskipun dalam rapat telah memunculkan paket,  tetapi penjaringan tetap dibuka. Tidak hanya bagi kader PDIP, juga untuk masyarakat umum. Terpenting bersedia mengikuti proses penjaringan. Nama-nama yang mendaftar akan dikirim ke DPP. “Semua calon akan disurvey,” terang anggota DPRD Bangli itu.

Dikonfirmasi terpisah, Sedana Arta mengakui bahwa dalam rapat yang dipimpinnya muncul paket Sedana Arta-Diar. Ia menghormati aspirasi kader tersebut. Keputusan ada di tangan partai. Semua masih perlu proses. “Saya terima kasih telah didukung menjadi calon bupati. Intinya, siapa pun nanti diusung, PDIP harus tetap solid,” ujar Sedana Arta.

Sedana Arta adalah politikus asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut. Selain ketua DPC PDIP, dia juga masih menjabat wakil bupati Bangli. Sedana Arta dua periode menjadi wakil bupati.

Sebelum paket Sedana Arta-Diar dimunculkan dalam rapat resmi, keduanya memang sering menghadiri undangan bersama-sama.  Lalu siapaakah Diar?

Diar adalah politikus PDIP asal Desa Belantih, Kecamatan Kintamani. Politikus plontos itu empat kali lolos ke DPRD Bangli. Periode kali ini, Diar yang merupakan sekretaris DPC PDIP Bangli dipercaya partainya menjadi ketua DPRD Bangli.

 “Tentunya terima kasih karena sudah memunculkan nama saya sebagai calon wakil bupati. Sepertinya semua kader siap ditugaskan. Tidak terkecuali saya. Kalau sudah perintah partai, saya siap,” ujar Diar. Seperti diketahui, untuk mengusung calon bupati, PDIP tak harus koalisi dengan partai lain karena perolehan kursi hasil Pileg 2019, PDIP memperoleh lebih dari 50 persen. Dari 30 kursi di DPRD Bangli, sebanyak 16 kursi direbut PDIP atau sekitar 53 persen.

(bx/wan/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia