Jumat, 20 Sep 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Bupati Giri Prasta Gelontor 405 Bedah Rumah di Karangasem

11 September 2019, 22: 05: 13 WIB | editor : Nyoman Suarna

Bupati Giri Prasta Gelontor 405 Bedah Rumah di Karangasem

BEDAH RUMAH: Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan bantuan bedah rumah untuk Kabupaten Karangasem di Balai Banjar Munti Gunung, Desa Tianyar Barat, Rabu (11/9). (HUMAS SETDA BADUNG FOR BALI EXPRESS)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS-Kabupaten Badung di bawah kepemimpinan Bupati I Nyoman Giri Prasta dan Wabup I Ketut Suiasa terus menggeber program pembangunan dari pinggiran. Melalui motto ‘Badung Angelus Buana’, yakni Badung berbagi dari Badung untuk Bali, kembali digelontor rantusan bantuan rumah sehat layak huni. Rabu (11/9), yang disasar adalah Kabupaten Karangasem, khususnya Desa Tianyar Barat dengan 405 bantuan rumah.

Penyerahan bantuan dilaksanakan di Balai Banjar Munti Gunung, Desa Tianyar Barat. Ada Sembilan Banjar Dinas yang mendapat bantuan bedah rumah. Perinciannya, Banjar Dinas Munti Gunung, Tirta Sari, Labuan Sari, Tegal Sari, Taman Sari, Samuh, Buana Pule, Buana Pekurenan dan Banjar Dinas Batu Meyeh. Keseluruhan jumlah penerima sebanyak 405 kepala keluarga, dengan total nilai Rp 20 milliar lebih.

Turut hadir Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Kepala BPKAD I Ketut Gede Suyasa, Kepala Bappeda I Made Wira Dharmajaya, Kadis PMPTSP I Made Agus Aryawan, Kadis Perkim AA Ngurah Bayu Kumara Putra, Kabag Hukum I Komang Budi Argawa, Kabag Kesra I Nyoman Sujendra, dan Kabag Humas Putu Ngurah Thomas Yuniarta yang disambut langsung oleh Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Anggota DPRD Provinsi Bali I Nyoman Oka Antara dan Ni Kadek Darmini, Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana, jajaran OPD Pemkab Karangasem, dan Perbekel Tianyar Barat I Gede Agung Pasrisak Juliawan.

Dalam sambutannya, Bupati Giri Prasta menyampaikan, kehadirannya di tengah masyarakat, khususnya masyarakat Desa Tianyar Barat merupakan salah satu program Kabupaten ‘Badung Angelus Buana’. Menurutnya, komitmen saling membantu sesama merupakan warisan yang didapat sejak dari lahir. “Pertama adalah aspek yuridis, dimana undang-undang membolehkan bantuan berupa BKK ini,” ungkapnya.

Kedua, lanjutnya, adalah aspek filosofis. Artinya sudah kesepakatan dari para leluhur terdahulu. Ketiga adalah aspek sosiologis, yakni semangat persaudaraan dalam bingkai pasametonan dan nyama braya sesame warga Bali.

 “Melalui bantuan ini kami ingin menghapus kesan bahwa warga Munti Gunung sebagai sarang gepeng, gelandangan dan pengemis. Inilah cara kami untuk berada di tengah- tengah masyarakat merealisasikan bantuan bedah rumah" tegas bupati asal Pelaga, Petang ini.

Giri Prasta juga mengimbau masyarakat yang mendapat bantuan agar benar-benar menggunakannya dengan baik. Bentuk bangunannya rumah sehat dan layak huni yang digelontor wajib dilengkapi dua kamar tidur, satu ruang tamu, satu kamar bebas, kamar mandi dan dapur. "Kami harapkan rumah ini dibangun dengan gotong-royong. Semangat gotong-royong inilah menjadi motivasi yang kita bangkitkan. Yang sudah baik, kita sempurnakan lagi,” harapnya.

Bila pembangunan ini selesai, akan berlanjut dengan rehab berat dengan anggaran Rp 30 juta dan rehab ringan Rp 15 juta. “Serta program UEP (Usaha Ekonomi Produktif) untuk membuat usaha. Akan dibantu Rp 15 juta dan akan digerakkan di enam Kabupaten di Bali" jelas mantan Ketua DPRD Badung dua periode itu.

Menanggapi hal itu, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada Bupati Badung beserta jajarannya. Sebab dalam kesempatan ini sudah bersedia langsung hadir ke lokasi dan menyerahkan bantuan secara langsung.

"Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Karangasem menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati Badung beserta jajarannya atas bantuan dan perhatiannya kepada masyarakat Karangasem. Ini merupakan motivasi bagi kami untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Karangasem yang masih menempati rumah tidak layak huni" ujarnya.

Selain menyerahkan BKK, Bupati Giri Prasta juga menyerahkan bantuan hibah wantilan senilai Rp 400 juta bertempat di Pasraman Jiwan Mukti Karangasem.

Seperti diketahui, sejalan dengan program Nawacita dari Presiden RI, Bupati Giri Prasta ingin membangun Bali dari pinggiran. Sebelum Kabupaten Karangasem, bantuan rumah layak huni telah diserahkan ke Kabupaten  Buleleng, Jembrana, Tabanan, dan Kabupaten Bangli.

(bx/adi/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia