Sabtu, 19 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Perpustakaan Puri Pemayun Kesiman Terbakar, Ratusan Buku Ludes

13 September 2019, 20: 53: 31 WIB | editor : Nyoman Suarna

Perpustakaan Puri Pemayun Kesiman Terbakar, Ratusan Buku Ludes

LUDES: Ratusan buku milik keluarga besar Puri Pemayun ludes dilalap si jago merah. (ISTIMEWA)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Ratusan buku milik keluarga besar Puri Pemayun, Kesiman yang ada di perpustakaan puri kini tinggal abu. Ratusan buku tersebut dilalap si jago merah, pada Jumat (13/9) sekitar pukul 10.00.

Puri yang memilki sejarah panjang di Pulau Dewata ini diduga terbakar akibat korsleting listrik yang ada di gudang atau perpustakaan tersebut. Salah satu saksi, Wayan Cantok, menerangkan, awalnya dia melihat asap hitam. “Saat itu saya sedang menikmati kopi bersama tiga orang, Komang Ardana, Wayan Soni Setiawan, Wayan Tegen, kemudian melihat asap hitam lalu mencari sumbernya,” jelasnya.

Setelah mengecek, ternyata yang terbakar adalah gudang puri. Kontan Cantok berteriak. Bersama tiga orang lainnya, ia langsung berusaha membuka pintu gudang dan memadamkan api dengan alat seadanya. Sayang, api tak kunjung padam.

Sementara itu, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar menerangkan, dua unit mobil pemadam dikerahkan. “Dua unit PMK didatangkan untuk memdamkan api. Api berhasil padam sekitar pukul 11.00,” jelasnya.

Sementara itu, Panglingsir Puri Kesiman Gusti Bagus Oka menjelaskan, saat kejadian dirinya sedang berada dalam kamar. “Saat itu saya sedang berada dalam kamar, lalu dengar orang berteriak ada kebakaran,” ungkapnya.

Walaupun kebakaran menyebabkan hangusnya buku-buku milik puri, pihak Puri Kesiman tidak melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib, karena dianggap sebagai musibah. Seperti diterangkan Kapolsek Denpasar Timur Kompol I Nyoman Karang Adiputra. “Pihak Puri tidak melaporkan, karena dianggap sebagai musibah,” tegasnya.

(bx/adi/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia