Jumat, 06 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Puluhan Kader Pramuka SBH Digembleng Soal Kesehatan

15 September 2019, 19: 33: 19 WIB | editor : Nyoman Suarna

Puluhan Kader Pramuka SBH Digembleng Soal Kesehatan

PERSAMI: Para peserta Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) tengah digembleng oleh instruktur dan pembina Gerakan Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) Kabupaten Badung, (14-15/9) di kawasan Pondok Jaka, Sangeh, Abiansemal. (ISTIMEWA)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS - Puluhan siswa SMA yang tergabung sebagai anggota baru Gerakan Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) Kabupaten Badung digembleng untuk mengikuti sejumlah pengetahuan dan keterampilan. Pelatihan tersebut digelar melalui Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami), (14-15/9) di kawasan Pondok Jaka, Sangeh, Abiansemal. Diharapkan para anggota nantinya menjadi kader Posyandu Remaja yang tengah dibentuk Pemkab Badung.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr. I Wayan Darta selaku Kapinsaka Bakti Husada Badung menjelaskan, peserta pelatihan merupakan siswa pilihan yang memiliki kemauan dan mengikuti tes. "Jadi kami juga adakan tes, sehingga mereka betul-betul memiliki kemauan dan kemampuan," ungkapnya.

Materi yang diajarkan, pada intinya ada enam, yakni Pola Bersih Hidup Sehat (PHBS), krida obat, gizi, kesehatan ibu dan anak, penyakit menular, serta krida tentang kesehatan lingkungan. "Itu hari pertama. Sedangkan hari kedua kegiatan sosial berupa pemantauan jentik berkala, peninjauan jamban sehat, serta survei garam yodium," paparnya seraya menambahkan, diisi pula kegiatan kreativitas kelompok untuk menguatkan soliditas.

Diharapkan para peserta memiliki bekal sebagai kader kesehatan, terutama untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar. "Kemudian mereka juga menjadi kader untuk di Posyandu Remaja. Kan ada pembentukan Posyandu Remaja nantinya. Itu ada hubungannya dengan Garba Sari, yang merupakan inovasi dari Kabupaten Badung," tandasnya.

(bx/adi/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia