Minggu, 20 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Cari Pakan Ternak, Nenek Rapisah Dua Hari Tersesat di Gunung Lempuyang

15 September 2019, 20: 51: 13 WIB | editor : Nyoman Suarna

Cari Pakan Ternak, Nenek Rapisah Dua Hari Tersesat di Gunung Lempuyang

SELAMAT: Rapisah, nenek asal Dusun Karangsasak, Desa Bukit, Karangasem yang menghilang sejak Jumat (13/9) malam, akhirnya ditemukan selamat, Minggu (15/9) pagi. (AGUS EKA PURNA NEGARA/BALI EXPRESS)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS - Rapisah, warga Banjar Karangsasak, Desa Bukit, Kecamatan Karangasem ditandu oleh warga, Minggu (15/9) sekitar pukul 10.30. Saat digotong, nenek kelahiran 1939 ini dalam keadaan lemas.

Nenek Rapisah dievakuasi dari dalam hutan Gunung Lempuyang, dekat kawasan Pura Lempuyang Madya, Desa Bukit, lantaran terjebak tidak bisa pulang. Dia ditemukan warga dalam kondisi duduk lemas. Nenek ini sudah hampir dua hari bertahan di hutan. Rapisah pergi ke hutan bukit Lempuyang untuk mencari pakan ternak, Jumat sore (13/9) sekitar pukul 17.00. 

Menurut Kepala Desa Bukit I Wayan Sudana, nenek Rapisah sudah sempat hilang di lokasi yang sama karena lupa ingatan akibat faktor usia. Pihak keluarga sempat melarang, tetapi Rapisah kerap ke luar rumah tanpa sepengetahuan keluarga. "Kami ingatkan keluarganya agar nenek ini diawasi. Kasihan sudah tua," kata Sudana.

Dalam proses evakuasi, tim dibagi ke beberapa titik yang diduga menjadi tempat Rapisah biasa mencari rumput. Rapisah sudah sempat dicari pada Jumat (13/9) malam. Selama satu hari, keberadaan Rapisah tidak kunjung diketahui. Keluarga memutuskan melaporkan kejadian ini ke perbekel, Sabtu (14/9) sekitar 20.00. "Kami juga teruskan informasi ini ke BPBD Karangasem sebelum kami upayakan dulu untuk mencari," jelas Sudana.

Namun pada Minggu pagi, salah seorang warga akhirnya menemukan Rapisah di perbatasan hutan dengan pemukiman, Dusun Karangsasak, Desa Bukit. Kondisi Rapisah lemas dengan pandangan sedikit bingung. Warga memutuskan segera mengevakuasinya bersama pihak kepolisian. "Beruntung kondisinya sekarang baik. Sudah dapat perawatan pihak medis. Sudah bersama keluarga," pungkasnya.

(bx/aka/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia