Minggu, 20 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Loeloek Raider, Gambar Tanda Tangan Habibie Jadi Lukisan Pesawat

15 September 2019, 22: 37: 15 WIB | editor : Nyoman Suarna

Loeloek Raider, Gambar Tanda Tangan Habibie Jadi Lukisan Pesawat

SENIMAN : I Kadek Rudiantara menggambar Presiden Republik Indonesia yang ketiga, Prof. Dr.Ing.H.Bacharuddin Jusuf Habibie di kawasan Ubud, Minggu (15/9). (PUTU AGUS ADEGRANTIKA/BALI EXPRESS)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Seni bagi setiap orang memiliki nilai yang mengandung cipta maupun rasa yang berbeda. Seperti yang dilakukan  I Kadek Rudiantara alias Loeloek Raider, seniman asal Banjar Batanancak, Desa Mas, Kecamatan Ubud satu ini.

Sosok seniman unik ini melukis tanda tangan Presiden Republik Indonesia yang ketiga, Prof. Dr.Ing.H.Bacharuddin Jusuf Habibie dan langsung dipamerkannya ke Singaraja.

Ia mengaku tanda tangan B.J Habibie sengaja dilukis menjadi sebuah pesawat terbang karena  terinpirasi dari semangat beliau. “Saya terinspirasi dari semangat beliau, khususnya segala perjuangan beliau untuk negara ini. Selain itu juga untuk berduka atas meninggalnya beliau,” paparnya saat ditemui, Minggu (15/9).

Dalam kesempatan tersebut, Rudiantara setelah melukis di Ubud akan melanjutkan perjalanannya ke daerah Singaraja untuk melakukan pameran. Tentunya pameran sepeda motor dibarengi dengan pameran lukisan sosok presiden yang ia kagumi tersebut. “Sebentar lagi saya keliling lagi ke Singaraja, lukisan ini mau dipakai pameran, bawa motor ini  juga,” ungkapnya.

Ia menambahkan, menjadi seorang seniman jalanan baru ditekuninya sejak empat tahun lalu yang berawal dari memiliki sebuah sosial media. Lantaran banyak temannya yang ada di sosial media curhat dan membuat status yang tidak penting, dirasanya kurang bermanfaat bagi banyak orang. Sehingga ia berpikiran untuk membuat sebuah lukisan dan karya seni, selanjutnya diunggah dalam media sosial miliknya tersebut.

“Menjadi seniman itu baru empat tahun lalu, awalnya bingung. Karena saat melihat facebook banyak teman-teman yang ada memposting status yang sepele dan tidak bermanfaat. Saya coba untuk pamerkan hasil karya di sana setelah keliling mengendarai sepeda motor ini,” terangnya.

Pria alumni SMA Negeri 1 Sukawati ini menambahkan, ia dijuluki Loeloek Raider karena sepeda motornya dimodif menggunakan fiberglass. Selain itu helm yang ia gunakan juga berbentuk topeng celuluk, sehingga kelihat sangat berbeda jika ada di jalanan.

“Saya memodif motor ini karena tidak mampu beli motor baru. Makanya saya coba pakai fiberglass. Kemudian dipolesi dengan cat dan bentuk seseni mungkin. Kalau bakat memang secara otodidak, sekolahnya bukan di sekolah seni, guru juga tidak ada,” imbuhnya.

(bx/ade/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia