Minggu, 20 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Festival Jatiluwih Berikan Sentuhan Eco Friendly

17 September 2019, 20: 35: 21 WIB | editor : I Putu Suyatra

Festival Jatiluwih Berikan Sentuhan Eco Friendly

PERSIAPAN : Persiapan Festival Jatiluwih 2019 di Jatiluwih, Minggu (15/9). (ISTIMEWA)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS - Festival Jatiluwih 2019 yang akan diselenggarakan beberapa hari lagi diharapkan dapat mendongkrak kunjungan ke DTW Jatiluwih yang berlokasi di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Tabanan tersebut. 

Manajer Operasional DTW Jatiluwih I Nengah Sutirtayasa mengatakan bahwa sejak pre event Festival Jatiluwih 2019 digelar mulai bulan Juni 2019, para pengunjung memang sudah antusias. Sehingga saat pelaksanaan Festival Jatiluwih 2019 mulai tanggal 20 September hingga 22 September 2019, pihaknya berharap dapat semakin mendongkrak kunjungan ke DTW Jatiluwih. "Saat pre event saja pengunjung sudah sangat antusias, sehingga kita berharap sela Festival Jatiluwih 2019 nanti kunjungan semakin meningkat," ujarnya Minggu (15/9).

Ia menambahkan, kelancaran pre event Festival Jatiluwih 2019 tidak terlepas dari keterlibatan karang taruna Desa Jatiluwih sebagai panitia serta dukungan dari warga masyarakat setempat. 

Sutirtayasa juga mengaku tidak memasang target kunjungan pada Festival Jatiluwih 2019. Karena menurutnya yang juga diinginkan dalam Festival Jatiluwih 2019 ini adalah keterlibatan karang taruna Desa Jatiluwih serta masyarakat. "Jadi sekaligus bisa mengedukasi mereka dalam meng-organise eventnya sendiri karena DTW Jatiluwih adalah obyek wisata yang melibatkan subak dan tentu ada generasi didalamnya dalam bentuk karang taruna," imbuhnya.

Disamping itu tujuannya juga agar segala kegiatan pariwisata di DTW Jatiluwih didukung sepenuhnya tentu dari warga setempat terutama juga generasi penerusnya. 

Ditambahkan oleh Ketua Harian Festival Jatiluwih 2019, Agus P. Wardhana atau yang akrab disapa Wayang Wardhana, selain melibatkan Karang Taruna Jatiluwih, Festival Jatiluwih 2019 juga melibatkan Duta Hijau Bali yang akan mementaskan teatrical Dewi Sri, seniman-seniman bambu, Mural Art serta workshop yang sangat menarik. "Beberapa artis lokal dan nasional serta beberapa bintang tamu yang berkelas International seperti Balawan, Rio Sidik , Gus Teja dan masih banyak lagi akan ikut memeriahkan acara ini," ucapnya disela-sela kesibukannya mengkoordinir persiapan festival.

Ditambahkan jika saat ini persiapan Festival Jatiluwih 2019 sudah 90 persen dan tinggal diisi sentuhan akhir saja. "Festival tahun ini sangat terasa sentuhan eco friendly, semua photo spot terbuat dari bambu, memanfaatkan tanaman bambu yang melimpah di Jatiluwih mulai dari patung bambu Dewi Sri karya seniman Gianyar I Gusti Ngurah Arya Udianata, Mural Art oleh jesna 735 Art, serta kreasi bambu lain dari pemuda pemudi Jatiluwih sendiri," pungkasnya.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia