Sabtu, 19 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Polres Tabanan Rajut Kebersamaan dengan Pelajar asal Papua

18 September 2019, 22: 48: 02 WIB | editor : Nyoman Suarna

Polres Tabanan Rajut Kebersamaan dengan Pelajar asal Papua

SILAHTURAHMI: Pelajar asal Papua yang belajar di Tabanan diundang Polres Tabanan, Rabu (18/9). (ISTIMEWA)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS -  Dalam rangka merajut kebersamaan dengan semua komponen anak bangsa, Polres Tabanan Rabu (18/9) menggelar silaturahmi dengan para pelajar asal Papua dan Papua Barat yang bersekolah di Tabanan, guna memberikan jaminan keamanan selama menuntut ilmu di wilayah Tabanan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Tabanan AKBP I Made Sinar Subawa, Kabag Ops Kompol I Gede Putu Putra Astawa, Kaban Sumda Kompol Luh Ketut Amy Ramayanhti Prakasa, Kasat Intel AKP Fachmi, Kasat Reskrim AKP I Made Prama Setia serta para para Kapolsek, Kesbangpol Tabanan yang diwakili oleh Kabid 1 Wasdin Kesbangpol, serta 4 orang guru pendamping serta para siswa asal Papua dan Papua Barat sebanyak 20 orang. 

Kapolres Tabanan AKBP I Made Sinar Subawa mengatakan, pihaknya sengaja mengundang para pelajar asal Papua yang saat ini sedang menuntut ilmu di Tabanan untuk bisa bertatap muka secara langsung. Pihaknya ingin bersama-sama menciptakan suasana yang tidak kaku serta menjalin kebersamaan dengan penuh kekeluargaan. "Mari kita bersama ciptakan suasana yang cair, tidak kaku, mari kita jalin kebersamaan dengan penuh rasa kekeluargaan," tegasnya.

Ia menambahkan bahwa Polres Tabanan memberikan jaminan keamanan, sehingga para pelajar asal Papua merasa aman dan nyaman selama berada di Tabanan. Ia juga meminta agar pelajar asal Papua dan Papua Barat  tidak terpengaruh atau terprovokasi dengan adanya kejadian - kejadian di luar.

 "Jadi kita bersama-sama harus tetap menjaga keharmonisan dan keutuhan NKRI. Dengan banyaknya perbedaan suku ras dan Agama kita sebagai Warga Negara Indonesia harus saling bertoleransi sehingga kecil kemungkinan terjadinya hal - hal yang tidak kita ingginkan," jelasnya.

Di samping itu, dirinya juga menjelaskan dan memperkenalkan struktur organisasi yang ada di Polres Tabanan serta menjelaskan fungsional dan tugas pokok Polri dalam pelayanan pasyarakat sehingga para pelajar asal Papua memiliki gambaran dan daya tarik untuk menjadi anggota Polri, di samping itu juga diimbau agar tidak sekali - sekali mencoba maupun terjerumus dalam penyalah gunaan obat terlarang atau narkoba. "Tugas  adik-adik saat ini adalah belajar, belajarlah dengan tekun dan tuntutlah ilmu setinggi-tingginya untuk dapat meraih masa depannmu kelak," pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang perwakilan pelajar, Yolanda mengaku senang bisa berada dan belajar di Bali.  "Kami di Bali dapat diterima dengan baik, dapat bergaul dengan orang Bali, disini kami diperlakukan dengan baik, dan kami sangat senang sekolah di Bali, disini kami tidak sulit beradaptasi, karena  masyarakat Bali sangat toleransi, dalam pergaulan," ujarnya. Usai tatap muka para pelajar pun diajak menonton video Kebyar-kebyar Indonesia yang dilanjutkan dengan makan siang di Restaurant Gong Jatiluwih.

(bx/ras/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia