Sabtu, 19 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Air Terjun Jembong di Ambengan Tawarkan Alam Eksotik

19 September 2019, 11: 12: 44 WIB | editor : I Putu Suyatra

Air Terjun Jembong di Ambengan Tawarkan Alam Eksotik

MENAWAN : Air Terjun Jembong berada di areal alam yang menawan, apalagi ditata apik oleh pengelola menjadi kian eksotik. (ISTIMEWA)

Share this      

SINGARAJA, BALI EXPRESS - Panorama air terjun menawan  di Buleleng tak hanya Air Terjun Gigit atau Sekumpul. Namun, wisatawan bisa mencoba menjajal  Air Terjun Jembong yang berlokasi di Desa Ambengan, Sukasada.

Air Terjun Jembong bisa menjadi salah satu destinasi wisata alam yang patut dikunjungi wisatawan karena  pesonanya  tidak kalah cantiknya dengan destinasi air terjun lainnya.
Untuk menuju kawasan wisata ini, pengunjung yang berasal dari Kota Denpasar tidak perlu takut tersesat. Selain bisa menggunakan aplikasi peta online, wisatawan bisa menggunakan penunjuk arah yang ada di sekitar Desa Sukasada, dan tentunya bisa  bertanya kepada warga Desa Sukasada mengenai lokasi air terjun ini.

Setelah sampai di lokasi, seperti biasa wisatawan harus berjalan kaki untuk mencapai lokasi.  Tidak perlu khawatir karena akses jalan sudah cukup bagus.

Ketua Pokdarwis Desa Sukasada, Made Suneka mengatakan, jarak dari areal parkir ke lokasi air terjun cukup dekat. "Jalan aksesnya pun sudah dilengkapi dengan kerikil, sehingga tidak licin," jelasnya kepada Bali Express ( Jawa Pos Group) kemarin.


Air Terjun Jembong, lanjut Suneka,  bisa menjadi satu-satunya air terjun dengan konsep unik. Air terjun ini benar-benar ditata dengan baik oleh pengelola. Ketika baru sampai akses masuk lokasi, wisatawan disambut oleh taman yang apik yang ditanami  tanaman hias.


Setelah melewati taman yang tertata rapi dan berjalan sekitar 200 meter ke arah timur, wisatawan bisa menemukan Air Terjun Jembong yang menjadi spot utama dari objek wisata ini. "Ada juga jalan akses lain untuk menuju air terjun ini, yakni melalui tangga di sisi selatan air terjun. Akses ini biasanya dilalui oleh wisatawan yang punya banyak waktu," terangnya.


Air Terjun Jembong dibilang unik karena terletak di dataran tanah yang kemiringannya lebih dari 75 derajat. Air Terjun Jembong  memiliki dua tingkat. Air terjun pertama setinggi sekitar 15 meter. " Airnya tidak terjun  bebas, melainkan mengalir di bebatuan dan dibawahnya terdapat kolam penampungan alami dengan kedalaman sekitar satu meter," ungkapnya.


Selain taman yng tertata apik, air terjun ini juga memiliki tiga buah kolam dengan air yang jernih. Ketiga kolam ini memiliki kedalaman yang berbeda, yakni dua kolam untuk anak-anak dengan kedalaman masing-masing mulai dari 60 cm, 80 cm, dan satu kolam dewasa dengan kedalaman mencapai 110 cm.


Ketiga kolam ini, selain berfungsi untuk berendam dan bermain air bagi  pengunjung,  juga sering digunakan untuk spot selfie. "Kolam ini sengaja kami buat membelakangai air terjun, sehingga ketika melakukan aktivitas foto-foto bisa menjadikan air terjun sebagai latar belakangnya," papar Suneka.


Tidak puas dengan spot foto di kolam renang? Wisatawan yang hobi selfie juga dimanjakan dengan beberapa spot  lainnya. Ada  jembatan kayu yang dibangun sebagai akses menuju air terjun, yang juga sebagai spot selfie.


Ada juga anjungan dari bambu dengan latar belakang areal perbukitan yang hijau. "Ketika mengambil foto dari anjungan bambu ini, wisatawan akan mendapat foto yang cantik dengan sisi lain dari air terjun ini," ungkapnya.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia