Sabtu, 19 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Rencana Bentuk Polres Bandara, Tim Polri Tinjau Lokasi

19 September 2019, 21: 32: 18 WIB | editor : Nyoman Suarna

Rencana Bentuk Polres Bandara, Tim Polri Tinjau Lokasi

LOKASI: Tim Srene Polri membahas lokasi Polres Bandara yang bakal dibangun. (ISTIMEWA)

Share this      

BADUNG, BALI EXPRESS – Bandara International I Gusti Ngurah Rai merupakan salah satu bandara tersibuk di Indonesia. Bandara ini merupakan pintu masuk utama ke Bali untuk wisatawan domestik maupun mancanegara dari berbagai belahan dunia.

Demi meningkatkan keamanan, rencana pembentukan Polres Bandara digarap dengan serius oleh Polda Bali. Wakapolda Bali Brigjenpol Drs. I Wayan Sunartha menjelaskan, alasan utama membentuk Polres di bandara karena Bali dinyatakan sebagai destinasi wisata terbaik dan pusat banyak event.

“Pembentukan Polres Bandara Ngurah Rai sangat tepat karena Pulau Bali yang dijuluki Pulau Surga, Pulau Seribu Pura, Pulau Dewata, Pulau Toleransi ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. Selain dinyatakan sebagai destinasi pariwisata terbaik di dunia, Bali juga sering dijadikan tempat penyelenggaraan event besar bertaraf internasional yang dihadiri setingkat kepala negara, menteri, dan raja di dunia,” jelas Sunartha, Kamis (19/9).

Sunartha juga menjelaskan, tahap yang sudah dilalui untuk mewujudkan Polres di Bandara tersebut sudah memasuki tahap uji kelayakan yang langsung dilakukan oleh Polri. “Sekarang sudah tahap uji kelayakan, ” terangnya.

Uji kelayakan yang digelar Selasa (17/9), dilakukan oleh tim Srena Polri. Tim uji kelayakan Srena Polri yang dipimpin Karo Lemtala Srena Polri Brigjenpol Drs. Yasdan Rivai, M.Hum langsung datang ke Bali meninjau rencana lokasi Polres dan Polsek Bandara Ngurah Rai.

“Kedatangan kami ke Bali untuk mengecek langsung lokasi lahan rencana pembangunan dan melakukan kajian studi kelayakan terbentuknya Polres Bandara Ngurah Rai nanti. Kami nanti akan meneruskan usulan dari Polda Bali ke Men-PAN RB. Nanti atas izin menterilah baru bisa Polres Bandara Ngurah Rai dibentuk,“ jelas Brigjen Yasdan.  Dalam uji kelayakan tersebut, Kapolresta Denpasar Kombespol Ruddi Setiawan memaparkan tentang rencana pembentukan Polres Bandara.

Wakapolda Bali juga menambahkan bahwa Bali sebagai pusat wisata memiliki tantangan tersendiri bagi Polda Bali dalam mengamankan Bali. “Banyaknya kunjungan wisatawan menjadi tantangan bagi Polri khususnya Polda Bali sebagai penanggungjawab keamanan. Lemahnya pengamanan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai akan dimanfaatkan oleh pelaku transnational crime and organized crime dengan berpura-pura sebagai wisatawan,” jelas Sunartha.

(bx/aim/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia