Minggu, 15 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bisnis
OTOTIPS

Tiga Hal Wajib Sebelum Mengendarai Motor

21 September 2019, 09: 48: 21 WIB | editor : I Putu Suyatra

Tiga Hal Wajib Sebelum Mengendarai Motor

Ilustrasi (ISTIMEWA)

Share this      

MENGENDARAI sepeda motor tidak hanya cukup.memakai helm saja. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya aktivitas berkendara bisa dilakukn dengan aman dan nyaman. 

Selain helm yang sesuai dengan SNI dan dipasang sampai berbunyi klik, pengendara juga wajib menggunakan perlengkapan lain. Apa saja itu?

1.     Gunakan helm

Selalu gunakan helm dengan baik dan benar. Hal ini berkaitan dengan kecelakaan yang mungkin saja terjadi saat berkendara. Gunakan helm yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), ukuran pas dan nyaman digunakan.

2.     Gunakan jaket yang pas

Selain berfungsi melindungi badan supaya tidk maauk angin dan gosong karena terbakar sinar matahari, fungsi jakat jug berguna untuk mencegah cedera lecet yang parah ketika terjadi kecelakaan.

3.     Gunakan sarung tangan

Penggunan sarung tangan ini sama fungsinya dengan jaket, supaya tangan tidak gosong dan tidak kapalan. Dalam penggunaan sarung tangan ini, ingat gunakan sarung tangan glove, bukan sarung tangan yang menempel di stang, karena sarung tangan jenis ini justru membahayakan pengendara.

4.     Perhatikan rambu-rambu lalu lintas

Jangan karena alasan terburu-buru, pengendara melanggar peraturan lalu lintas. Hal ini berkaitan erat dengan terjadinya kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Dengan menggunakan outfit yang benar dalam berkendara dan mematuhi ram-rambublalu lintas, maka berkendara bisa semakin nyaman dan aman.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia