Minggu, 20 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Bisnis
OTOMOTIF

Jangan Ubah Sigra Lama Jadi Facelift

21 September 2019, 09: 56: 03 WIB | editor : I Putu Suyatra

Jangan Ubah Sigra Lama Jadi Facelift

FACELIFT: Daihatsu Sigra versi Facelift yang baru diluncurkan pada Senin lalu (16/9). (RIAN ALFIANTO/JAWA POS)

Share this      

JAKARTA BALI EXPRESS - Duo mobil LMPV 7-seaters Astra Daihatsu Sigra dan Toyota Calya resmi diluncurkan versi facelift-nya. Duet pabrikan itu kompak meluncurkan Sigra dan Calya di hari yang bersamaan yakni Senin (16/9) lalu.

Kehadiran Calya dan Sigra baru tak banyak membawa perubahan. Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, baik Calya ataupun Sigra di sektor eksterior hanya membawa perubahan pada area wajah. Tepatnya pada bumper, grill, area lampu depan, dan garnish di area belakang.

Karena minor upgrade dengan hanya mengubah bumper, lampu, dan grill, bisakah Sigra atau Calya lama diubah dengan menjadi tampang facelift?

Terkait dengan hal tersebut, Pradipto Sugondo, Research and Development Executive Officer Astra Daihatsu Motor (ADM) menyebut, pada Sigra baru, area wajahnya memang sedikit lebih memanjang moncong atau bagian bumpernya. Karena lebih maju, area braket atau moulding bumper pada chasis mobil juga mengalami perubahan.

“Jika dilihat dari persentasi spesifikasi, Astra Daihatsu Sigra baru, memang hidung depan lebih maju sekitar 40 mm. Braket di bagian dalam, di belakang bumper ada perubahan dan itu dilas. Kalau dipaksa perubahannya, sudah tidak standar lagi buatan pabrikan,” ujarnya di sela-sela peluncuran Sigra baru belum lama ini.

Dengan segala perubahan di bagian tampang depan mobil tersebut, dirinya tak menyarankan pemilik Sigra lama mengubah kendaraannya agar memiliki tampang facelift. Pihak Daihatsu tidak merekomendasikan pemilik model lama untuk mengubah ke versi model baru dengan melakukan modifikasi sendiri.

“Meskipun dari luar kelihatannya mungkin sama, tapi itu banyak perubahaan di daerah bumper bagian dalamnya,” jelasnya.

Seperti sudah kami beritakan sebelumnya, Sigra facelift hadir dalam 10 varian. Mobil tersebut memang jika dilihat sekilas pada bagian eksterior baik depan atau belakangnya sekilas memang tampak tak beda jauh dari model lamanya.

Pada model baru, bumper diberi kesan atau aksen garisan-garisan yang tampak lebih tegas. Pada model tertentu juga mobil tersebut hadir dengan desain lampu baru yang menggunakan teknologi LED, sebuah terobosan di kelas LCGC Calya dan Sigra.

Sementara untuk bagian dalam, tone interior kini diberikan kesan lebih gelap. Area kemudi, pada tipe yang agak mahal juga diberikan sistem entertainment Double Din dengan layar sentuh yang mendukung fungsi kamera mundur. Pada konsol tengah, knob AC yang sebelumnya lebih mirip dengan pemantik kompor gas kini lebih fungsional dengan adanya lampu iluminasi.

(bx/aim/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia