Minggu, 20 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Lahan Kering di Pura Bukit Kursi Terbakar, Pemedek Panik

22 September 2019, 21: 01: 13 WIB | editor : Nyoman Suarna

Lahan Kering di Pura Bukit Kursi Terbakar, Pemedek Panik

LAHAN TERBAKAR: Kebakaran lahan kering di areal Pura Bukit Kursi, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak. (ISTIMEWA)

Share this      

GEROKGAK, BALI EXPRES - Sejumlah pemedek yang nangkil di Pura Bukit Kursi, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak dibuat panik. Bagaimana tidak, lahan kering di areal pura terbakar pada Sabtu (21/9) sekitar pukul 22.00 Wita. Beruntung, upaya pemadaman segera dilakukan, sehingga kebakaran tidak meluas.

Dikonfirmasi Minggu (22/9) siang, Kapolsek Gerokgak Kompol I Made Widana menjelaskan saat kebakaran, ada sejumlah pemedek yang melakukan persembahyangan di Pura Bukit Kursi. Akibatnya, mereka berlarian keluar, mengingat api kian membesar. Beruntung tidak ada korban dalam kejadian ini. "Itu yang terbakar rumput atau semak belukar," jelasnya.

Proses pemadaman, sebut Kompol Widana, melibatkan warga sekitar dengan bantuan air dari Pura, yang dialirkan dengan menggunakan mesin pompa air. Kendari api berhasil dipadamkan, sejumlah anggota, kata Kompol Widana, saat ini tetap ditugaskan untuk melakukan pemantauan. Hal ini dilakukan, mengingat kondisi angin yang bertiup kencang, sehingga dikhawatirkan dapat memicu percikan api. 

"Luasnya yang terbakar belum diketahui. Anggota saat ini masih stand by di Pura untuk mengantisipasi api berkembang. Di atas itu kan banyak rumput-rumput yang kering. Kami khawatir dengan kondisi angin yang kecang bisa menimbulkan  gesekan antara rumput yang kering, sehingga timbul percikan api," terangnya. 

Lanjut Kompol Widana, pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk memastian terkait penyebab terjadinya kebakaran. "Kami belun tahu apakah faktor alam, atau karena ulah manusia. Masih kami selidiki. Untuk kerugian nihil. Lokasi kebakaran jauh dari pemukiman warga," tutupnya.

(bx/dik/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia