Minggu, 20 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Dewan Dukung Razia Kendaraan Plat Luar Beroperasi di Bali

22 September 2019, 21: 32: 12 WIB | editor : Nyoman Suarna

Dewan Dukung Razia Kendaraan Plat Luar Beroperasi di Bali

Anggota DPRD Bali Gede Kusuma Putra (ISTIMEWA)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS – Razia kendaraan plat luar yang dipakai untuk aktivitas bisnis transportasi oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Bali, rupanya mendapatkan dukungan dari DPRD Bali.

Tidak hanya itu, pihak legislatif tersebut mendorong razia tersebut diperlebar sampai keluar kota. Tidak hanya berkutat di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

Ini seperti diutarakan anggota DPRD Bali, Gede Kusuma Putra, pada Minggu (22/9). Dia mengatakan, dirinya menyambut baik kegiatan yang dilakukan dua instansi Pemprov Bali tersebut.

“Saya dukung itu. Memang ini NKRI, tapi masing-masing wilayah punya kebijakan. Bolehlah sedapat mungkin. Kalau sudah ketentuan yang bicara, harus ganti plat,” ujarnya.

Sejatinya, sambung dia, penertiban kendaraan plat luar Bali yang dipakai kegiatan ekonomi menjadi salah satu semangat perubahan ketiga dari Perda Provinsi Bali Nomor 1 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

“Sehingga ke depannya, pendapatan daerah bisa dioptimalkan. Karena kerjanya di sini, bikin macet di sini, bikin polusi di sini. Ya, setidaknya bayar pajaknya di sini,” ungkap politisi PDIP yang sempat menjadi ketua Pansus Perubahan Ketiga Perda Pajak Daerah ini.

Selain mendukung, dirinya menyarankan agar Bapenda dan Dishub menggandeng pihak Kepolisian untuk mengintensifkan razia kendaraan lalu lintas. Bila perlu, khusus untuk yang berkaitan dengan pajak kendaraan, kegiatan razia sebaiknya diperlebar ke daerah-daerah.

Pihaknya juga mengingatkan kepada setiap perusahaan transportasi untuk memperhatikan ketentuan mengenai plat kendaraan. Ini dia maksudkan untuk berkontribusi bagi pembangunan daerah di tempat mereka berusaha.

“Silahkan berusaha di sini, tapi harus terbuka juga. Saya dukung razia plat luar itu. Bila perlu rutin. Agar lebih intensif,  libatkan pihak Kepolisian,” pungkasnya.

(bx/hai/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia