Kamis, 14 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Bisnis
OTOTIPS

Kapan Harus Ganti Ban?

28 September 2019, 08: 13: 36 WIB | editor : I Putu Suyatra

Kapan Harus Ganti Ban?

BAN merupakan salah satu komponen sepeda motor yang perlu diperhatikan. Komponen ini sangat penting, karena menjadi salah satu penentu keamanan dan kenyamanan berkendara. Sebaiknya ban motor harus diganti ketika sudah memiliki lima ciri berikut.

1. Ban sudah sejajar dengan Tread Wear Indicators (TWI). TWI adalah penanda yang ada di sisi permukaan ban. Bentuk TWI bertanda segitiga sebagai penanda batas keausan ban motor. Semakin dekat ujung pemukaan ban dengan ujung segitiga TWI adalah tanda bahwa ban sudah mulai tipis, sebaiknya segera diganti.

2. Alur kembang sudah menipis. Ban memiliki alur garis yang bertujuan untuk memecah genangan air saat melintas. Jika alur ban sudah tidak terlihat, berarti ban motor Anda sudah terlalu lama digunakan, maka, sebaiknya diganti.

3. Goyang saat menikung. Ciri ban yang ideal adalah bisa nyaman digunakan dalam berkendara di jalanan yang mulus. Jika ban motor terasa goyang atau oleng saat menikung di jalan beraspal yang rata, berarti ban motor Anda sudah tidak proporsional untuk digunakan.

4. Ada benjolan di permukaan ban. Ban yang sudah terlalu lama digunakan, mungkin masih terlihat bagus. Benjolan ini tidak terlihat besar dan bulat. Namun jika permukaan ban tidak merata, bisa berakibat fatal terutama jika melaju kencang dan menikung. 

5. Jarak tempuh sudah mencapai 10 ribu kilometer untuk ban belakang dan 12 ribu kilometer untuk ban depan.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia