Senin, 09 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali Under The Moon

Banyak Pengalaman, Yuri Mau Lebih Bebas

03 Oktober 2019, 18: 13: 34 WIB | editor : Nyoman Suarna

Banyak Pengalaman, Yuri Mau Lebih Bebas

MANDIRI : Yuri hingga kini betah mandiri, belum bisa gabung komunitas karena waktu yang tidak memungkinkan. (ISTIMEWA)

Share this      

EKSIS di tengah geliat perkembangan talent disc jockey (DJ) di Bali memang tidak mudah. Apalagi kini karir dan urusan finansial peran para peramu musik semakin menjanjikan.
Female disc jockey (DJ) Ni Putu Yuni Astika Sari yang lebih akrab disapa Yuri ini, menyadari persaingan makin ketat, lantaran minat  kawula muda untuk menggeluti peran sebagai DJ semakin melimpah.
Iklim seperti tak membuat Yuri surut, apalagi sudah banyak pengalaman. Menggeluti profesi sebagai ‘captain girl party’ di sejumlah event party sejak tahun 2014, memang semakin memperkuat track record Yuri di industri panggung hiburan. Bahkan  manariknya, talent lokal DJ yang belajar secara otodidak berkat bimbingan DJ Paul Rank tersebut, makin percaya diri dengan bekerja secara mandiri. Mulai dari promosi, mengatur schedule, hingga mendapat beragam job manggung, ia tangani sendiri. Berkat ketekunan serta kerja kerasnya itu, Yuri mendapat tawaran manggung hampir setiap hari.
Dara cantik kelahiran Tabanan, 19 Juni 1995 ini, mengaku  salah satu cara agar tetap eksis menjajal beragam tempat hiburan sebagai DJ, harus menjaga kepercayaan.  Bekerja sesuai track dan serius memperlihatkan skill dalam menyuguhkan warna musik elektro yang asyik. “Jujur aja,  nggak pernah gabung komunitas DJ. Dari dahulu emang kerja kemana-mana selalu sendiri. Gotong alat pun kalo ada event selalu gotong sendiri. Astungkara selalu ada saja sih temen DJ yang juga ngasih job,” tutur Yuri saat ditemui Bali Express (Jawa Pos Group) beberapa waktu lalu.
Ada beberapa hal yang memang sebenarnya jadi perhatian Yuri selama berkarya karena  Yuri memiliki pekerjaan lain selain nge-DJ, yaitu sebagai supevisor di salah satu gallery silver. Alasan lain adalah Yuri tidak ingin menjalani profesi yang sesuai dengan passionnya itu terikat. “Pastinya kalau masuk community itu kan terikat. Harus sering datang ke acara-acara buat support talent lain. Takut kalau gabung community gitu, waktu nggak dapet buat support yang lain, kan nggak enak juga. Terus buat kerjanya juga jadi lebih bebas kalau sendiri,” jelasnya.
Bukan berarti Yuri menutup diri.  Akan tetapi, ia masih percaya dengan jalinan pertemanan serta kemampuan yang dimilikinya dalam berkarya.”Sebenarnya beberap kali pernah sih bawa nama community gitu, tapi tidak terikat dan tidak permanen bergabung. Nggak ada salahnya juga sih gabung ke community, jadi lebih banyak teman dan lebih gampang sharing masalah kerjaan. Cuma ya itu tadi, susah ngebagi waktunya,” aku Yuri.
Resident female DJ di Le Meridien Hotel tersebut, mengaku jika dirinya sangat bersyukur bisa mengenyam banyak pengalaman manggung. Bagi Yuri, pengalaman adalah guru terbaiknya. Sehingga, beragam teknik memainkan controller DJ, menguasai beragam genre, hingga mental yang baik adalah modal terbaiknya untuk bisa tetap tampil menghibur. “Pada intinya, nge-DJ itu totalitasnya ada pada warna musik yang disuguhkan. Sehingga yang jadi perhatian aku adalah tetap berupaya mengemas musik berkualitas, bukan hal lainnya,” tegas Yuri.
Agar tampil tak membosankan,  Yuri mengaku  selalu mempelajari sekaligus membaca tentang perkembangan musik elektro. Sebagai pemanisnya, lanjut Yuri, di setiap performa akan ada track musik yang dipadukan dengan lagu-lagu komersial. “Dari awal memulai karir sampai sekarang sih aku selalu nyaman di genre EDM. Tapi karrna tuntutan kerjaan yang lebih banyak main di hotel, jadi akhir-akhir ini lagi suka main deep house. Namun  aku selalu update lagu-lagu baru juga sebagai pemanisnya. Karena biasanya, aku harus selipin lagu-lagu komersial. Jadi semua orang bisa lebih nyaman buat dance atau nyanyi. Intinya kita harus mengondisikan lagu sesuai mood crowd,” tutup Yuri.

(bx/vir/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia