Minggu, 20 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Atasi Krisis Air, Warga Manfaatkan Sumber Mata Air Dekat Pura

08 Oktober 2019, 12: 38: 35 WIB | editor : I Putu Suyatra

Atasi Krisis Air, Warga Manfaatkan Sumber Mata Air Dekat Pura

SUMBER AIR: Warga mengambil air dari salah satu sumber air yang ada di dekat Pura Tangi Meyeh, Banjar Tangi Meyeh, Desa Berangbang, Kecamatan Negara, Senin (7/10) kemarin. (GDE RIANTORY/BALI EXPRESS)

Share this      

NEGARA, BALI EXPRESS - Krisis air yang dialami sejumlah warga yang tinggal di Desa Berangbang, Kecamatan Negara, sudah berlangsung lebih dari empat bulan. Kondisi tersebut memaksa warga memanfaatkan sumber mata air yang ada di dekat Pura Tangi Meyeh, Banjar Tangi Meyeh untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Seperti yang dilakukan Ketut Suastika dan bebebrapa warga desa lainnya, Senin (7/10) kemarin. Mereka secara bergiliran mengisi jerigen dan galon dengan air dari dua sumber mata air (klebusan, red) yang ada di depan Pura Tangi Meyeh. Air tersebut mereka gunakan untuk memasak dan untuk air minum, disamping juga dimanfaatkan untuk mandi dan mencuci. “Pipa ring alas ten wenten toye sampun empat bulanan. Niki anggen tiang minum. (Jalur pipa yang di hutan sudah tidak ada airnya sekitar empat bulannan. Air ini saya pakai untuk minum, red),” ujar Suastika.

Dari keterangan warga lainnya, Made Kartono, kondisi seperti ini sudah terjadi hampir setiap tahun. Dirinya berharap pemerintah daerah dan desa bisa lebih tanggap menyikapinya. “Tiap tahun sudah pasti seperti ini. Pemerintah daerah maupun desa harusnya tanggap. Kalau bisa kami dibantu dibuatkan bak penampungan,” ujarnya.

Sementara itu, Pemkab Jembrana melalui BPBD Jembrana kemarin telah menyalurkan satu truk tanki air bersih ke Banjar Tangi Meyeh, Desa Berangbang tepatnya di SD 5 Berangbang. “Untuk di Berangbang hari ini (kemarin, red) kami distribusikan air bersih sebanyak 5 ribu liter,” pungkas Kepala Pelaksana BPBD Jembrana, I Ketut Eko Susila AP. 

(bx/tor/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia