Minggu, 20 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Dewan Minta Pemkab Bangli Serius Garap ABT

08 Oktober 2019, 20: 30: 04 WIB | editor : I Putu Suyatra

Dewan Minta Pemkab Bangli Serius Garap ABT

Ketua Komisi I DPRD Bangli Satri Yudha (I MADE MERTAWAN/BALI EXPRESS)

Share this      

BANGLI, BALI EXPRESS - Pemanfaatan air bawah tanah (ABT) di Kabupaten Bangli diyakini menjadi potensi menghasilkan pundi-pundi pendapatan. Hanya saja, seperti disampaikan Ketua Komisi I DPRD Bangli Satri Yudha, OPD terkait di Pemkab Bangli tidak maksimal menggali potensi tersebut.

Ia meminta OPD terkait melakukan pendataan ulang terhadap pengguna ABT. Sebab berdasarkan data yang disampaikan oleh Badan Keuangan Pendatan dan Aset Daerah (BKPAD) Bangli, hanya tercatat 32 pengguna ABT yang dikenai pajak. Secara kasat mata, Satria Yudha yakin lebih dari itu. “Harus lebih serius. Lakukan pendataan ulang, 32 itu saya lihat masih kecil,” terang politikus PDIP itu ditemui, Selasa (8/10).

Selain mendorong penataan ulang, OPD terkait juga mesti jeli dalam melakukan pungutan pajak. Salah satunya dengan pemasangan watermeter. Sebab dari 32 tersebut, baru tiga dilengkapi watermeter. Dengan watermeter itu, pemerintah bisa menentukan penggunaan ABT, termasuk menarik besaran pajaknya. Tidak seperti terjadi sekarang, penarikan pajak berdasarkan perkiraan penggunaan air.

Untuk “memaksa” pengguna ABT memasang watermeter, Pemkab Bangli bisa koordinasi dengan Pemprov Bali yang berwenang mengeluarkan izin ABT, karena jika hanya menunggu kesadaran masyarakat untuk memasang watermeter, maka akan sulit. Koordinasi ke Pemprov Bali juga untuk memastikan jumlah pengguna ABT yang mengantongi izin. “Jangan terus melempar itu kewenangan provinsi. Enak jadi kepala dinas kalau begitu,” sindir politikus asal Susut itu.  

Pihaknya bersuara lantang terkait ABT karena potensinya besar menambah PAD.   Sesuai undang-undang telah diatur besaran pajak yang dikenakan kepada pemilik sumur bor, yakni sebesar 20 persen dari air yang diangkat dari bawah tanah. “Kepala OPD harus berani melangkah untuk kemajuan Bangli,” tandas Satria Yudha.

(bx/wan/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia