Minggu, 20 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Wabup Suiasa Mendem Padagingan di Pura Puseh Kangin, Darmasaba

09 Oktober 2019, 21: 13: 51 WIB | editor : Nyoman Suarna

Wabup Suiasa Mendem Padagingan di Pura Puseh Kangin, Darmasaba

Wabup Suiasa Mendem Padagingan di Pura Puseh Kangin, Darmasaba (HUMAS SETDA BADUNG FOR BALI EXPRESS)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri dan ikut ngrastitiang (mendoakan) Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih, Madudus Agung, Mapeselang madasar Tawur Balik Sumpah Utama di Pura Puseh Kangin, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Selasa (8/10). Pada kesempatan tersebut, wakil bupati melakukan persembahyangan bersama dan berkesempatan mendem padagingan di salah satu palinggih. Suiasa juga menyerahkan bantuan dana aci senilai Rp 600 juta.

Menurut Suiasa, karya yang dilaksanakan krama Desa Adat Tegal Darmasaba ini adalah karya yang utama. Agar dapat mewujudkan karya utama, haruslah dilandasi dengan keseimbangan kesucian sekala dan kesucian niskala. Artinya kesucian sarana upakara yang dihaturkan harus diimbangi dengan kesucian sekala, yaitu krama sendiri harus membawa pikiran, perkataan maupun perbuatan yang baik dan suci. “Mari kita semua di pawongan ini memiliki manah suci, tingkah laku yang baik, agar apa yang menjadi tujuan karya ini dapat terwujud demi keselamatan alam dan kesejahteraan masyarakat, Tegal, Darmasaba maupun jagat Badung,” harapnya.

Selain itu, kehadirannya mewakili pemerintah dan hadirnya DPRD, kata dia, juga sebagai wujud dukungan sekaligus ikut ngrastitiang karya agar keutamaan karya meningkat. “Harapan kami melalui karya ini, krama disini juga ikut ngrastitiang jagat Badung agar tetap aman, tenteram dan masyarakatnya sejahtera,” jelas Suiasa.

Sedangkan Bendesa Adat Tegal I Made Lipur menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemkab Badung, sehingga pelaksanaan karya dapat berjalan dengan baik, termasuk pembangunan pura sudah tuntas. Mengenai dudonan karya, telah dimulai sejak 28 Agustus lalu dengan matur piuning. Pada Selasa (8/10) ini dilaksanakan upacara melaspas dan mendem padagingan serta melaspas patapakan. Sementara Tawur Balik Sumpah pada 17 Oktober dan Puncak Karya bertepatan dengan Buda Umanis Prangbakat, 23 Oktober mendatang.

Hadir mendampingi Wabup Suiasa, Ketua DPRD Provinsi Bali diwakili anggota I Bagus Alit Sucipta, anggota DPRD Badung Ni Luh Putu Sekarini, I Nyoman Gede Wiradana, Made Ponda Wirawan dan Kabag Humas Setda Badung Made Suardita.

(bx/adi/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia