Senin, 09 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Dewan Gianyar Cetuskan Ide Sasar Pajak Warung Makan

10 Oktober 2019, 12: 13: 58 WIB | editor : I Putu Suyatra

Dewan Gianyar Cetuskan Ide Sasar Pajak Warung Makan

Putu Gede Febriantara, Ketua Komisi III DPRD Gianyar (PUTU AGUS ADEGRANTIKA/BALI EXPRESS)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS – Saat kabupaten tetangga, Badung menyasar pajak kos-kosan, ide berbeda dicetuskan DPRD Gianyar. Dimana dewan menilai Pemkab Gianyar lebih tepat menyasar pajak warung makan terlebih dulu. Ide itu disampaikan Ketua Komisi III DPRD Gianyar Putu Gede Febriantara, Rabu (9/10) kemarin.

Adanya wacana itu menurut Febri, lantaran banyaknya warung makan yang ada di wilayah Gianyar, namun keuntungannya seperti restoran. “Kalau untuk kos, kami belum ada arah kesana. Sah-sah saja mereka yang bayar pajak bagi berpenghasilan di atas kena pajak,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, dia pun menyampaikan tidak menutup kemungkinkan Gianyar juga menerapkan pajak kos-kosan. Hanya saja, komisi yang membidangi pajak itu lebih tertarik dengan menyasar warung makan yang ada. “Rumah makan besar yang disasar, rumah makan yang mirip dengan restoran,” imbuhnya.

Terlebih sepengetahuannya, warung makan sekelas restoran tersebut hampir tersebar di setiap kecamatan di Gianyar. Bahkan ketika laris, pendapatan rumah makan tersebut bisa setara dengan pendapatan restoran. Selain menyasar pajak warung, dijelaskan juga ada wisata hiburan yang saat ini sedang marak. Yaitu swing, dan pajak rafting, juga belum maksimal disasar. 

“Villa bodong juga masih banyak. Melalui permen (peraturan menteri) baru walaupun tidak berizin, pemerintah bisa memungut pajaknya. Karena payung hukumnya sudah ada, tinggal masuk. Kami dari Komisi III mendorong itu,” tandasnya.

Dia menambahkan, terdapat tiga hal penyebab potensi pajak belum maksimal. Pertama karena sistem yang belum maksimal. Kedua, pengawasan. Selanjutnya masih banyaknya perusahaan berpotensi belum bayar pajak. Sehingga dengan memaksimalkan tiga hal tersebut, Febriantara mengaku bisa meningkatkan lagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Gianyar. 

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia