Jumat, 06 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Warung Serai Andalkan Menu Khas Buleleng

11 Oktober 2019, 11: 45: 33 WIB | editor : I Putu Suyatra

Warung Serai Andalkan Menu Khas Buleleng

KHAS : Warung Serai sajikan menu makanan khas Buleleng, mulai dari Blayag hingga Sudang Lepet dengan rasa yang otentik. (ISTIMEWA)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Masakan khas Buleleng  menjadi salah satu menu yang juga digemari wisatawan. Untuk menikmatinya tak mesti pergi  ke Singaraja, karena ada di Warung Serai di Jalan Ciung Wanara VI No 9b Denpasar.

Warung Serai menjadi salah satu destinasi kuliner di Bali yang menyajikan menu masakan khas Singaraja dengan rasa  otentik, yang bahan bakunya juga  didatangkan langsung dari Singaraja. Sehingga citarasa dan keaslian masakan khas Singaraja yang disajikan tetap terjaga dengan baik.

"Selain bahan baku yang didatangkan dari Singaraja, tukang masaknyapun dari Singaraja, sehingga keaslian rasa dari menu makanan yang kami sajikan tetap terjaga," jelas Frits Gerald Kembuan, Penanggung Jawab Warung Serai kepada Bali Express ( Jawa Pos Group) kemarin.
Jenis menu masakan yang disajikan di Warung Serai  cukup beragam, mulai dari Tipat Blayag, Jukut Undis, Sudang Lepet hingga Tipat Cantok khas Singaraja. Menu andalan di Warung Serai ini adalah Tipat Blayag.

Tipat Blayag adalah ketupat yang dibuat dari janur yang   bentuknya memanjang, tidak  seperti ketupat pada umumnya. "Tipat Blayag ini disajikan dengan kuah ayam dan sayur urab. Sebagai pelengkap, juga disajikan dengan kacang goreng, sehingga ketika dimakan akan ada tekstur renyahnya," ungkapnya.

Menu lainnya yang harus dicoba adalah Gurami Nyatnyat. Sajian ini terbuat dari ikan gurami yang dimasak dengan bumbu khas Bali.

Sesuai dengan namanya, Gurami Nyatnyat dimasak dengan cara dinyatnyat. Dimasak menggunakan bumbu Bali hingga air yang digunakan merebus ikan habis. "Bumbu yang kami gunakan adalah bumbu Bali segar yang dibuat sesaat sebelum ikan dimasak," lanjut Gerald.
Menu berikutnya adalah Jukut Undis dan Sudang Lepet. Kedua jenis menu ini diakui Gerald adalah menu makanan khas Singaraja yang saat ini cukup banyak ada di pasar kuliner Kota Denpasar. Menu ini menjadi menu andalan di Warung Serai sehingga dijual dalam bentuk paket.
Dalam satu paket menu Sudang Lepet, pelanggan sudah bisa menikmati satu porsi menu Sudang Lepet, Sayur Undis dan nasi beras merah.

"Inilah bedanya menu Sudang Lepet di Warung Serai. Nasi yang kami gunakan adalah beras merah, sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan, termasuk mereka yang sedng diet," terangnya.

Selain menikmati beragam jenis memu makanan, wisatawan yang datang juga bisa menikmati fasilitas lain dari Warung ini. Mulai dari pojok selfie, hingga fasilitas rapat.

Karena Warung Serai memiliki fasilitas ruang rapat yang  disewakan untuk  berbagai kegiatan meeting.  Warung Serai tidak saja menyediakan fasilitas ruangan, namun juga fasilitas penunjang rapat lainnya, seperti snack dan makan bagi para peserta rapat.

Untuk fasilitas meeting ini, Warung Serai memiliki paket meeting yang dijual mulai dari harga Rp 30 ribu per pax sampai dengan Rp 45 ribu per pax. Sedangkan untuk ruangannya, pelanggan bisa menggunakan fasilitas ruangan selama tiga jam dengan sewa sebesar Rp 750 ribu. "Untuk fasilitas ruangan ini, selain fasilitas standar, tentunya pelnggan juga bisa menikmati beragam promo yang kami sediakan," ungkapnya.

Sedangkan untuk harga makanan yang disajikan  dibanderol dengn harga Rp 12 ribu sampai dengan Rp 55 ribu per porsi.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia