Kamis, 14 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Kolom

Masyarakat Mendukung Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

Oleh: Muhammad Ilham*

11 Oktober 2019, 14: 08: 48 WIB | editor : I Putu Suyatra

Masyarakat Mendukung Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

Jokowi-Ma'ruf Amin (ISTIMEWA)

Share this      

PELANTIKAN Presiden dan Wakil Presiden tinggal menghitung hari. Pun dengan dukungan terhadap program pemerintahan Jokowi-Maruf kini sudah mulai bermunculan.

Tak hanya menyorot akan pelantikan yang tinggal menghitung hari, kini sejumlah pihak telah memberikan dukungan terhadap program pemerintahan Jokowi-Maruf. Meski bukan perkara mudah menjelang pelantikan yang diiringi kejadian demi kejadian yang membutuhkan kesabaran juga penanganan ekstra. Jokowi dinilai mampu mengatasi masalah per masalah yang tengah melanda negeri. Sehingga kepemimpinannya juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Selain menunggu-nunggu hari pelantikan, perbincangan terhadap program pemerintahan Jokowi-Maruf mulai digaungkan. Kabarnya, program tersebut terdapat 9 poin utama. Poin-poin tersebut juga ditengarai sebagai upaya dalam mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat di bumi Pertiwi. Yang antara lain sebagai berikut; Poin pertama ialah, Meningkatkan Kualitas Manusia di Indonesia, Kedua berkenaan dengan Struktur Ekonomi yang Produktif, Mandiri, serta Berdaya Saing. Poin ketiga berhubungan pembangunan yang merata dan Berkeadilan. Poin keempat, Mencapai tujuan Lingkungan Hidup yang berkelanjutan.

Selanjutnya kelima, ialah Memajukan budaya. yang mencerminkan Kepribadian bangsa. Keenam, Yakni penegakkan sistem Hukum yang bebas korupsi, bermartabat serta terpercaya. Ke tujuh, Perlindungan Bagi segenap bangsa serta memberikan rasa aman secara menyeluruh. Pengelolaan Pemerintahan yang Bersih, Efektif, dan Terpercaya sebagai yang ke delapan. Yang terakhir, poin ke sembilan ialah Berkenaan dengan sinergi Pemerintah Daerah Dalam Kerangka Negara Kesatuan.

Dari program diatas dukungan hadir dari sejumlah pihak salah satunya ialah, Eddy Soeparno, selaku Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional. Ia mengatakan, bahwa pihak PAN mendukung pemerintahan terpilih Jokowi-Ma'ruf dari sisi kebijakan juga program yang akan dilaksanakan. Meskipun begitu, Eddy menegaskan selain mendukung pihaknya juga akan tetap memberikan kritik secara konstruktif pada setiap kebijakannya. Sehingga akan mampu mewujudkan Indonesia lebih baik lagi.

Selain dari Partai PAN, dukungan datang dari Partai Bulan Bintang (PBB). Pihaknya menyatakan dukungan kepada Pemerintahan Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin dalam masa kepemimpinannya kepada bangsa Indonesia selama lima tahun ke depan. Dilaporkan, dukungan tersebut dibacakan oleh seluruh pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai PBB. Serta termasuk 34 pimpinan DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) di seluruh Indonesia. Tepatnya dalam kegiatan muktamar ke-5 PBB di provinsi Bangka Belitung.

Ditengarai partai ini merupakan partai koalisi, semenjak akan dilaksanakannya Pilpres. Hal tersebut dinyatakan oleh Yusril Ihza Mahendra selaku Ketua Umum PBB, yang dengan resmi mendukung pasangan Jokowi - Ma'ruf. Lebih lanjut, Yusril berharap jika PBB akan dapat ikut memberikan jalan tengah serta solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi NKRI.

Dukungan serupa datang dari Afriansyah Noor selaku Sekretaris Jendral PBB. Yang turut membacakan isi dukungan terhadap kepemerintahan Jokowi - Ma'ruf, serta diikuti oleh semua pengurus DPP dan Ketua DPW partai tersebut. Seperti dilaporkan dukungan tersebut mengandung beberapa poin, antara lain; mendukung secara penuh dalam masa pemerintahan Presiden juga wakil presiden guna mewujudkan visi Indonesia secara politik dan profesional 5 tahun kedepannya.

Kedua, mereka siap bekerja sama dengan Pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin serta turit mendukung jalannya pemerintahan dalam bingkai NKRI. Ketiga, berkenaan dengan pernyataan sikap PBB (Partai Bulan Bintang) ialah merupakan tanggung jawab mendukung tanpa adanya tujuan kepentingan pribadi maupun organisasi, kecuali semata-mata untuk mewujudkan negara yang makmur atau "baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur". Afriyansyah menyatakan telah menitipkan deklarasi ini kepada Menkopolhukam, yang turut hadir guna menyerahkan langsung kepada pihak Presiden.

Kepentingan rakyat dalam suatu negara ialah merupakan prioritas utama. Dalam kaitannya ialah mewujudkan kesejahteraan dalam berbagai sektor, yang mana akan menciptakan  stabilitas nasional, rasa aman dan nyaman dalam keberlangsungan hidup bernegara. Sebagai asas timbal balik, ketika pemerintah memberikan pelayanan terbaiknya terhadap kita, maka ada baiknya kita juga turut mendukung program kepemerintahan Presiden dan wakil presiden. Karena program ini tak lain juga diperuntukkan bagi kesejahteraan kita, masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

Kepada Presiden dan Wakil Presiden, semoga dalam pemerintahannya 5 tahun kedepan akan mampu mewujudkan program-program tersebut. Sehingga tujuan utama dalam upaya menyejahterakan rakyat juga membawa Indonesia sebagai negara yang sukses akan terwujud.

*) Penulis adalah pengamat sosial politik

(bx/wid/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia