Kamis, 14 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Kolom

Elemen Masyarakat Siap Mengawal Pelantikan Presiden

Oleh: Yoga Pahlevi*

11 Oktober 2019, 14: 17: 20 WIB | editor : I Putu Suyatra

Elemen Masyarakat Siap Mengawal Pelantikan Presiden

Ilustrasi (ISTIMEWA)

Share this      

BEBERAPA hari menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, sejumlah elemen masyarakat mulai bergerak dan mendukung proses inaugurasi tersebut. Dukungan itu disampaikan seiring pentingnya menghormati keputusan hasil Pemilu 2019 sebagai wujud kematangan berdemokrasi. 

Bulan Ini tentu akan menjadi sejarah bagi kepemimpinan Jokowi yang berhasil unggul untuk kedua kalinya, Joko Widodo berhasil mengungguli lawannya Prabowo setelah berbagai proses perhitungan hingga persidangan di Mahkamah Konstitusi. Meskipun sempat terdengar desas desus akan penggagalan pelantikan tersebut, ternyata banyak elemen masyarakat yang akan menjaga dan mengawal jalannya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019 – 2024.

Barisan Relawan Penggerak Desa (Brigade) 01 Jawa Barat misalnya, berniat akan mengawal penuh jalannya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2019-2024 yakni Jokowi-Ma’ruf Amin, yang dijadwalkan akan dilantik pada hari Minggu 20 Oktober 2019.

            Sedikitnya 10.000 kader Brigade 01 Jawa Barat akan bertandang ke Jakarta untuk mengawal jalannya pelantikan tersebut. Bahkan, pihaknya menyatakan siap pasang badan bagi siapapu yang mencoban menggagalkan pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin.

            Ketua Brigade 01 Jawa Barat Cecep Kholiludin menegaskan, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih merupakan puncak pesta demokrasi yang harus dilaksanakan.

            Terlebih, KPU dan MK telah menetapkan Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden sesuai aturan yang berlaku.

            Tentu tidak ada yang boleh mengganggu kedaulatan rakyat yang diwujudkan melalui mekanisme pemilu. Sehingga pelantikan harus diterima oleh semua elemen bangsa dan dilaksanakan secara ikhlas gembira.

            Dirinya menuturkan, apabila ada golongan yang berniat untuk menggagalkan pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin, Brigade 01 Jawa Barat siap Pasang Badan untuk menjaga amanah rakyat dan kepercayaan rakyat yang telah memberikan pilihannya.

            Cecep menambahkan, 10.000 anggota Brigade 01 Jabar tersebut nantinya akan bergabung bersama organisasi relawan lainnya. Selain mengawal dan mendukung pelantikan Jokowi-Ma’ruf pun nantina akan digelar syukuran atas keberhasilan tersebut.

            Perlu kita ketahui, bahwa Brigade 01 beranggotakan para pegiat desa, elemen desa dan masyarakat desa. Sehingga, mereka datang ke Jakarta salah satunya juga mewakili aspirasi masyarakat Desa.

            Brigade 01 juga mendukung penuh aparat TNI / Polri untuk menindak siapapun yang ingin mengganggu atau menghalangi jalannya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024.

            Sementara itu, Sejumlah elemen masyarakat di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) juga turut menyelenggarakan acara dukungan dan pengawalan menuju pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin 20 Oktober nanti.

            Ada sekitar 30 elemen pendukung Jokowi yang menyelenggarakan panggung hiburan yang diisi orasi, pembacaan puisi, menyanyi dan lainnya. Kemudian pada sore hari, komunitas Ebeg Banyumas juga menggelar seni ebeg di Lapangan Glempang, Bancarkembar, Purwokerto Utara.

            Prinsip dari acara tersebut adalah mengawal dan mendukung sepenuhnya pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin. Acara tersebut juga menggambarkan bahwa mendukung tidak harus dengan tindakan anarkis. Mereka mendukung dengan acara santai dengan menggelar nyanyi, puisi dan orasi. Semuanya berlangsung damai.

            Tak luput para pendukung Jokowi juga membubuhkan tanda tangan di kain putih yang disediakan di lokasi setempat. Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono juga turut serta dalam pembubuhan tanda tangan tersebut.

            Pihaknya menuturkan, acara yang digelar oleh elemen pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin tersebut merupakan dukungan yang riil. Apalagi di Kabupaten Banyumas, Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin berhasil menang telak dengan capaian suara lebih dari 74 %.

            Aris, Salah satu pendukung dari Cilongok mengatakan bahwa pihaknya siap untuk mengawal Jokowi – Ma’ruf Amin, terutama kalau ada rongrongan dari kelompok khilafah.

            Pada sore harinya, komunitas ebeg juga turut menyemarakkan acara tersebut, pertunjukkan ebeg merupakan ekspresi seniman dalam mengawal kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

            Dengan pertunjukan seni ebeg tersebut, mereka ingin menyatukan semangat para pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin untuk merapatkan barisan kembali sampai pada pelantikan nanti.

            Selain di Jawa Barat dan Jawa Tengah, elemen masyarakat di Jakarta yang tergabung dalam masyarakat Cinta Damai dan Cinta NKRI melakukan aksi cinta dengan membagi-bagikan setangkai bunga sebagai simbol cinta kasih kepada sesama dan juga saling menghargai satu dengan yang lainnya.

            Pihaknya juga mengecam keras atas segala bentuk unjuk rasa untuk menyampaikan aspirasi yang bertujuan untuk mendown grade Pemerintahan yang sah dan konstitusional.

            Jokowi tentu tidak sendiri, dalam segala permasalahan yang ada, masih ada pendukung setia Jokowi  yang tetap menunjukkan kepeduliannya dengan mengawal pelantikan dan memblowup tagar #KAMIBERSAMAJOKOWI. Dukungan terhadap pelantikan Presiden dan Wapres terpilih juga membuktikan bahwa masyarakat taat pada hukum yang berlaku maupun proses Pemilu 2019.

*) Penulis adalah pengamat sosial politik

(bx/wid/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia