Kamis, 14 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Bali

ODGJ Main Api, Tiga Palinggih Pura Tinggal Puing

15 Oktober 2019, 22: 19: 36 WIB | editor : Nyoman Suarna

ODGJ Main Api, Tiga Palinggih Pura Tinggal Puing

TINGGAL PUING: Api dengan cepat menghabiskan beberapa bangunan penting di Pura Puseh Desa Adat Muntig, Desa Tianyar, Kubu, Karangasem, Selasa (15/10) dini hari. (ISTIMEWA)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Warga Desa Pakraman Muntig, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem gempar. Mereka juga dibuat risau lantaran beberapa perkakas suci dan sarana upacara seperti lima unit jempana dan wastra (kain penutup) palinggih ludes terbakar. Warga bingung karena belum tahu langkah ke depan. Sebab total kerugian akibat peristiwa ini ditaksir Rp 2,5 miliar.

Tiga palinggih di Pura Puseh desa setempat berkobar hebat. Bahkan api kian menjadi saat angin pagi bertiup kencang, Selasa (15/10) dini hari. Api melalap tiga palinggih atau bangunan suci di Pura Puseh Desa Pakraman Muntig. 

Api juga merembet ke sejumlah bangunan yakni Balai Agung nerukuran 24x3 meter, bangunan panggungan ukuran 18x6 meter dan bangunan Balai Pegat ukuran 12x3  yang letaknya di jaba sisi (area luar) pura.

Menurut informasi, api pertama kali diketahui sopir tangki pembawa air yang sedang melintas. Bahkan dugaan sementara, api berasal dari salah seorang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang bermain api di sekitaran pura. 

"Rencana beberapa hari ke depan akan digelar upacara pembersihan, istilahnya memohon maaf," sambut Kelihan Dusun Muntig, Kadek Suparta.

Kapolsek Kubu AKP I Komang Sura Maryantika menambahkan, kebakaran juga diketahui oleh I Nyoman Bendesa, warga setempat. Kata Sura, saksi yang hendak beraktivitas terkejut melihat adanya kobaran api. Karena rumahnya berjarak hanya 50 meter dari pura, saksi Nyoman Bendesa bergegas ke pura. Nahas, api sudah berkobar hebat. "Api sudah menjalar," imbuh Kapolsek.

Dinas Kebakaran menerjunkan 19 personel dengan jumlah empat unit mobil pemadam kebakaran. Pemadaman juga dibantu warga. "Kami habiskan 35 ribu liter air untuk pemadaman. Beruntung cepat bisa ditangani," kata Kepala Dinas Kebakaran Karangasem I Nyoman Tari.

(bx/aka/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia