Selasa, 10 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Sampah Kembali Menggunung, Eks TPA Sente Tebar Bau Busuk

16 Oktober 2019, 22: 58: 24 WIB | editor : Nyoman Suarna

Sampah Kembali Menggunung, Eks TPA Sente Tebar Bau Busuk

MENGGUNUNG: Sampah di areal eks TPA Sente, Dusun Sente, Desa Pikat, Klungkung, Rabu (16/10), kembali menggunung. (I MADE MARTAWAN/BALI EXPRESS)

Share this      

SEMARAPURA, BALI EXPRESS - Sampah kembali menggunung di eks TPA Sente, Dusun Sente, Desa Pikat, Kecamatan Dawan. Itu karena sejumlah desa di Klungkung secara diam-diam kembali membuang sampah di lokasi itu. Tak hanya menebar bau busuk, tumpukan sampah itu juga rawan kebakaran akibat gas metana dalam sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLH) Klungkung AA Ngurah Kirana mengakui, sampah kembali menumpuk karena sejumlah desa membuang sampah di lokasi itu. Padahal seharusnya hanya sampah perkotaan yang dibawa ke sana. Sampah pedesaan seharusnya diolah sendiri di masing-masing desa. Baik melalui program Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) atau cara lainnya.

Namun Kirana belum memastikan beberapa desa yang membuang sampah di eks TPA Sente. Sejumlah desa dengan mudah membuang ke lokasi itu, karena pintu gerbang sebelah timurnya rusak. “Nanti saya cek ke lapangan. Siapa saja buang sampah. Saya mau buka CCTV,” ujar Kirana, Rabu (16/10).

Sebagai antisipasi terjadinya kebakaran sampah, DLH telah memasang tiga batang pipa besi, Selasa (15/10). Pipa tersebut sebagai uji coba mengeluarkan gas metana. Selain itu, juga untuk mengalirkan air ke dalam tumpukan sampah, guna mengantisipasi terjadinya kebakaran yang ditimbulkan gas metana. “Cuaca panas rawan terjadi kebakaran,” tegasnya.

Seperti diketahui, sampah yang dibuang di eks TPA Sente seharusnya diolah melalui program TOSS yang sudah ada di tempat tersebut. Hanya saja, kapasitas mesin pengolahan sampah jauh lebih kecil ketimbang sampah yang ada, sehingga gunungan sampah semakin banyak. Untuk sampah perkotaan saja ada 9-11 truk per hari. Belum lagi sejumlah desa diam-diam juga membuang sampah ke eks TPA tersebut.

(bx/wan/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia