Kamis, 14 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Wabup Suiasa Buka Workshop Nasional Asdeksi

18 Oktober 2019, 22: 21: 31 WIB | editor : Nyoman Suarna

Wabup Suiasa Buka Workshop Nasional Asdeksi

WORKSHOP: Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa membuka Workshop Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota seluruh Indonesia di Hotel Plagoo Holiday Bali, Taman Mumbul, Nusa Dua, Jumat (18/10). (HUMAS SETDA BADUNG FOR BALI EXPRESS)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa membuka Workshop Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota seluruh Indonesia (Asdeksi) yang dilaksanakan di Hotel Plagoo Holiday Bali, Taman Mumbul Nusa Dua, Jumat (18/10). Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan tanda peserta. Workshop yang mengambil topik “Penatausahaan dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan serta Manajemen Persidangan dan Reses pada Sekretariat DPRD” mendatangkan narasumber dari Widya Iswara Utama Pusdiklat BPK RI dengan jumlah peserta 1.100 orang.

Wabup Suiasa dalam sambutannya mengatakan, sangat mendukung pelaksanaan kegiatan Asdeksi ini, karena sekretaris dewan (sekwan) berperan ganda. Secara teknis operasional, bertanggung jawab kepada pimpinan dewan, sedangkan secara administratif bertanggung jawab kepada kepala daerah. “Jadi, di sinilah kekhususan dan kelebihan Sekwan dibandingkan dengan sekretaris di lembaga eksekutif di Indonesia,” ungkapnya.

Dengan tanggung jawab ganda ini, lanjut Wabup, Sekwan harus memiliki kemampuan lebih daripada yang lainnya. Karena ada di lingkungan ranah lembaga politis, dan ada juga dalam lingkungan teknis administrasi birokrasi. Sedangkan perangkat daerah lain hanya ada di lingkungan birokrasi saja. “Sekwan harus memiliki kemampuan lebih, di antaranya kemampuan biokrasi, kemampuan administratif, kemampuan keuangan dan memiliki kemampuan politis,” ujarnya.

Kemampuan politis ini, menurutnya, bukan berarti terjun dalam politik, tetapi tetap memiliki kemampuan dinamika politik, yaitu mencermati perkembangan politik. Pun politik ini bukan hanya posisi secara umum, tetapi mencermati politik dari himpunan partai-partai politik yang ada di himpunan fraksi-fraksi yang ada di DPRD itu sendiri. “Kami berharap agar peserta workshop ini dapat mendiskusikan apa yang menjadi subyek materi substansi dan saling tukar pikiran, sehingga  memiliki rumusan bersama untuk kepentingan daerahnya,” pintanya.

Ketua Umum Asdeksi Nasional, Tri Puguh Priyadi, SH, MM mengucapkan terima kasih kepada Wabup Badung atas kehadirannya meluangkan waktu membuka acara tersebut. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para Sekwan se-Indonesia atas selesainya masa jabatan anggota dewan periode 2014-2019, dan memasuki periode 2019-2024, baik dalam rangka persiapan pelantikan maupun sebelum diadakan pelantikan.

“Kepada Sekwan yang baru dilantik, kami harapkan bisa menyesuaikan diri dan menggalang silahturahmi dengan teman Sekwan yang lainnya, sehingga ke depan semakin profesional,” harapnya.

Acara juga dihadiri perwakilan Dirjen Otda, Dr. Romy, perwakilan Direktur Pelaksana dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah, dan Sekretaris Dewan Kabupaten Badung I Nyoman Pradangga.

(bx/adi/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia