Jumat, 06 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bisnis
OTOMOTIF

Terapkan Teknologi SHVS, Suzuki Siap Hadapi Era Mobil Listrik

27 Oktober 2019, 07: 36: 07 WIB | editor : I Putu Suyatra

Terapkan Teknologi SHVS, Suzuki Siap Hadapi Era Mobil Listrik

RAMAH LINGKUNGAN: All New Ertiga berteknologi ramah lingkungan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). (ISTIMEWA)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS -  PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terus mendukung kebijakan pemerintah terkait rencana penerapan kendaraan bermotor listrik dengan menampilkan All New Ertiga berteknologi ramah lingkungan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, Jumat petang kemarin (25/10) mengatakan,  teknologi SHVS ini bertujuan supaya kendaraan yang diproduksi memiliki kadar emisi CO2. "Pada tahun 2017, Suzuki telah memiliki New Ertiga Diesel Hybrid yang mengadaptasi teknologi SHVS dan menjadi yang pertama di kelasnya dalam hal teknologi ramah lingkungan. Maka dari itu, kami siap mendukung pemerintah menuju masa transisi era mobil listrik, untuk Menuju Indonesia Bersih Udara dan Hemat Energi,” jelasnya.

Smart Hybrid Vehicle by Suzuki, dikatakan Dony, adalah teknologi mesin mild hybrid yang telah dikembangkan Suzuki secara global. Khusus di Indonesia, teknologi SHVS masih dalam tahap penelitian agar bisa disesuaikan dengan karakter dan kondisi jalanan di dalam negeri. 

Teknologi ini dibuat untuk sistem penggerak mesin dan telah dilengkapi dengan Integrated Starter Generator (ISG) sebagai pengganti alternator konvensional yang mampu memberikan dukungan tenaga pada mesin, sehingga dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Teknologi SHVS juga dilengkapi Lithium Ion Battery yang dirancang untuk menyimpan tenaga yang dihasilkan oleh ISG dan akan digunakan ketika mesin membutuhkan dukungan tenaga.  "Teknologi SHVS ini mencakup efisiensi bahan bakar, ringan, dan kompak sehingga merupakan sistem yang ideal untuk mobil-mobil kompak," paparnya.

Teknologi SHVS memiliki sistem kerja yang sederhana. Diawali ketika kendaraan pada posisi berhenti serta pengemudi tidak menginjak pedal dan gigi pada posisi N atau netral, maka secara otomatis kendaraan akan melakukan Engine Auto Stop yang berfungsi mematikan mesin. Namun sistem kelistrikan tetap menyala. Kemudian, apabila pedal diinjak, secara otomatis ISG akan menyalakan kembali mesin kendaraan.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia