Kamis, 14 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Bali Under The Moon

FDJ Ririn Olivia Suka Bali karena Keramahan, Masaiban, dan Kebaya

01 November 2019, 11: 41: 17 WIB | editor : I Putu Suyatra

FDJ Ririn Olivia Suka Bali karena Keramahan, Masaiban, dan Kebaya

DJ Ririn Olivia (ISTIMEWA)

Share this      

KUTA, BALI EXPRESS - Pulau Bali menyimpan sejuta keunikan yang mampu menarik banyak orang untuk datang. Tak heran jika  salah satu tujuan destinasi wisata dunia yang didambakan adalah Pulau Bali atau yang juga dikenal dengan nama Pulau Dewata ini.


Guest star disc jockey (DJ) asal Jakarta, Ririn Khaeriyah tak menampik begitu banyak pesona yang ditunjukkan Bali.

Keindahan alam menakjubkan dan lestarinya beragam kebudayaan jadi alternatif atau alasan lain wisatawan berbondong-bondong melancong ke Bali. Puluhan tahun menjadi destinasi wisata internasional,  kian membentuk masyarakat Bali menjadi masyarakat yang mampu menyuguhkan kenyamanan bagi para pengunjungnya.

Perempuan yang lebih dikenal party lovers Tanah Air dengan nama beken female DJ Ririn Olivia ini, mengaku sangat terkagum-kagum dengan Pulau Bali karena sikap ramah yang diperlihatkan masyarakat, yang membuat  betah dan nyaman saat datang menyambangi Pulau Bali.

“Mungkin sedikit berbeda dengan kota lainnya di Indonesia ya. Orang Bali itu murah senyum. Mereka tidak akan sungkan untuk melemparkan senyuman kepada siapa pun, termasuk kepada wisatawan,” tutur Ririn Olivia kepada Bali Express (Jawa Pos Group) Selasa  (29/10) malam kemarin. "Kondisi ekonomi masyarakat Bali yang cenderung ada di sektor pariwisata, membuat mereka harus bisa bercengkrama dengan siapa pun termasuk dengan turis asing," terang wanita asal Karawang ini.


Kondisi seperti itu, lanjutnya, membuat mereka mudah akrab dengan siapa saja. Walaupun dengan Bahasa Inggris yang seadanya.  Perempuan kelahiran 9 November 1991 ini menuturkan, kedatangannya kali ini  sangat istimewa karena hadir di Bali bukan karena diundang untuk tampil sebagai ‘captain girl party’, akan tetapi datang menikmati liburan panjang di Bali.


“Bali sudah aku anggap sebagai rumah sendiri. Datang ke Bali sudah sering banget. Kalau dihitung, sebulan itu bisa dua atau tiga kali ke Bali dalam jangka waktu yang cukup panjang. Kurang lebih satu minggu, dan balik ke Jakarta itu memang benar-benar karena ada kerjaan aja di sana,” imbuh dara cantik yang yang sempat menghibur crowd Bali  September 2019 lalu.
Alasan lain yang membuat dirinya diam-diam mencintai Bali karena alam dan budayanya yang terjaga. Baginya, pola kehidupan masyarakat Bali sangat  terikat pada norma-norma, baik agama maupun sosial. Ini membuat masyarakat Bali memiliki banyak sekali ritual unik yang membuat para turis terkagum-kagum, salah satunya  ritual Masaiban atau Ngejot. “Ini adalah ritual kecil yang dilakukan pada pagi hari dengan cara menyuguhkan makanan yang dimasak di sanggah (tempat sembahyang) sebagai wujud terima kasih atas karunia Yang Maha Kuasa. Bayangkan saja, betapa menariknya ritual itu dan masih tetap dilakukan sampai sekarang,” aku Ririn yang menekuni DJ sejak tahun 2014.


Tidak ketinggalan, sebagai wanita yang sangat fashionable di bidang entertainment, Ririn mengaku  sangat tertarik dengan konsep desain kebaya Bali. “Kalau yang ini memang sangat menarik hati buat aku ya. Dan, cukup banyak aku mengoleksi konsep foto yang menggunakan Kebaya asli Bali. Setiap ke Bali pasti nggak terlewatkan untuk sesi pemotretan dengan Kebaya. Rencananya sih, besok ada jadwal untuk sesi foto lagi,” ungkap Ririn.


Menurutnya, selain musik, tarian, dan karya seni lain yang menjadi pusat konsentrasi eksplorasi kreativitas seni masyarakat Bali, Kebaya atau endek Bali menjadi salah satu ciri khas tersendiri. “Karena masyarakat Bali kerap memakai Kebaya Bali dalam kegiatan budaya, sosial, dan keagamaan. Ini juga yang menjadi salah satu keunikan dan daya tarik bagi para pengunjung,” tutupnya.

(bx/vir/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia