Kamis, 14 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Festival Seni Bali Jani Tahun Depan Libatkan Kabupaten/Kota

09 November 2019, 22: 10: 46 WIB | editor : Chairul Amri Simabur

Festival Seni Bali Jani Tahun Depan Libatkan Kabupaten Kota

PENGHARGAAN : Gubernur Koster menyerahkan penghargaan Bali Jani Nugraha pada penutupan Festival Seni Bali Jani 2019 (ISTIMEWA)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Festival Seni Bali Jani (FSBJ) 2019 resmi ditutup pada Jumat malam (8/11). Di tahun depan, festival seni modern dan kontemporer ini rencananya akan melibatkan kelompok atau komunitas seni modern dari masing-masing kabupaten/kota di Bali.

Gagasan itu disampaikan Gubernur Bali, Wayan Koster, saat menutup Festival Seni Bali Jani yang pertama kalinya itu di Panggung Terbuka Ardha Chandra, Taman Budaya. Dia menginginkan penyelenggaraan FSBJ ke depannya jauh lebih baik. Bahkan berjenjang. Dari kabupaten dan berlanjut ke provinsi. Sehingga pelaksanaannya lebih berkualitas.

"Untuk itu, Pemerintah Provinsi Bali menyediakan anggaran untuk kabupaten/kota agar mengikuti festival ini di tingkat provinsi dengan masing-masing kabupaten/kota mendapatkan bantuan sebesar Rp 500 juta," ujar Gubernur Koster dalam sambutannya malam itu.

Dia menyebutkan, saat ini Bali telah memiliki dua festival seni dalam satu tahunnya. Satunya mengakomodasi berbagai kesenian tradisional melalui Pesta Kesenian Bali. Dan, satunya lagi memberi ruang bagi seni modern dan kontemporer dengan berbagai inovasi dan kreasi melalui Festival Seni Bali Jani.

"Festival Seni Bali Jani ini merupakan wahana untuk menampilkan karya seni modern yang inovatif dan kreatif bagi para peminatnya, generasi milenial, sesuai perkembangan zaman," imbuhnya.

Dengan adanya festival tersebut, dia menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Bali di bawah kepemimpinannya berkomitmen penuh dalam memberi ruang bagi perkembangan seni modern. Baik itu  teater, sastra, puisi, film, mural dan berbagai jenis seni modern lainnya.

Dia berharap para seniman, kreator, para generasi muda bertalenta ke depan akan semakin termotivasi, tumbuh, dan berkembang untuk berkreasi dengan berkualitas dalam memajukan seni budaya Bali menuju kesempurnaannya. "Kami berharap festival ini akan dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan setiap tahun," imbuhnya.

Dalam momen yang sama, Koster juga menyerahkan penghargaan, Bali Jani Nugraha, kepada beberapa seniman. Serta hadiah bagi para pemenang lomba yang digelar selama berlangsungnya festival kali ini.

Adapun penerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Gubernur Wayan Koster adalah Pengabdi Bidang Teater, Ida Bagus Anom Ranuara,76); Pengabdi Bidang Sastra, I Made Adnyana “Ole”,51; Pengabdi Bidang Sastra, I Gusti Putu Bawa Samar Gantang (70).

Kemudian Pengabdi Bidang Kritik Seni Rupa, I Putu Wirata Dwikora,59; Pengabdi Bidang Kritik Film/Musik I Made Adnyana,48; Pengabdi Bidang Sastra Ida Ayu Oka Rusmini,52; dan Pengabdi Bidang Kritik Seni Pertunjukan, I Kadek Suartaya,59.

Sedangkan untuk para pemenang lomba yang menerima hadiah di antaranya Juara I Baca Puisi Tingkat SD, I Putu Agus Suka Nugraha; Baca Puisi Tingkat SMP, Ida Bagus Gde Yonanda Surya Putra Manuaba; Baca Puisi Tingkat SMA/SMK, Ni Luh Yuliantari.

Kemudian Juara I Cerita Pendek Tingkat SMA/SMK, Jong Santiasa Putra; Cerita Pendek Tingkat Umum, Jong Santiasa Putra; Teater Modern Tingkat SMA/SMK/Mahasiswa, Teater Takhta; Design Fashion Art Tingkat Mahasiswa/Umum, Lady Athalia.

Lalu Film Pendek Tingkat Mahasiswa/Umum, Nirarta; Seni Instalasi Outdoor Tingkat Mahasiswa/Umum, I Gede Jaya Putra; Musikalisasi Puisi Tingkat Umum, SMA Santo Yoseph (Teater La Jose); Karikatur Tingkat Umum I Putu Nana Partha Wijaya; Stand Up Komedi Bali I Wayan Hendra Purnawan; dan Design Logo Tingkat Mahasiswa/Umum, I Wayan Nuriarta.

Festival tersebut kemudian ditutup dengan pertunjukan Musikal Multiseni berjudul “Terjebak di Dunia Maya” serta peluncuran tema FSBJ 2020. Pertunjukan produksi Komunitas Kreatif Bali (KKB) ini berkisah kecanggihan teknologi informasi yang membuat masyarakat asyik terhubung dengan dunia maya dan lupa dengan dunia nyata.

(bx/hai/hai/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia