Selasa, 10 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Terkena Demam Berdarah, Warga Bedulu Meninggal Dunia

10 November 2019, 19: 25: 26 WIB | editor : Nyoman Suarna

Terkena Demam Berdarah, Warga Bedulu Meninggal Dunia

DEMAM BERDARAH : Ni Nyoman Sutesni menunjukkan foto suaminya yang terkena demam berdarah, Minggu (10/11). (PUTU AGUS ADEGRANTIKA/BALI EXPRESS)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Seorang warga Banjar Taman, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, I Nyoman Tirtayasa meninggal dunia, Sabtu (9/11) lalu. Pria 51 tahun ini terkena serangan demam berdarah karena sempat panas dan sesak napas sejak 28 Oktober  2019. Korban sempat dirawat di Rumah Sakit Sanjiwani Gianyar. Namun sayang, nyawanya tidak tertolong. 

Hal itu tersebut diceritakan istri korban, Ni Nyoman Sutesni saat dikunjungi di rumah duka, Minggu (10/11). Sehari sebelum sakit, dijelaskan, korban yang berprofesi sebagai tukang pasang batu sikat ini bekerja seperti biasa. "27 Oktober itu ia bekerja seperti biasa di daerah Kintamani. Pulang kerja sempat nonton bola di TV. Besoknya langsung badannya panas tidak turun-turun," jelasnya. 

Korban sempat diajak berobat ke bidan di dekat rumahnya. Karena tidak ada perubahan, ia diajak ke dokter yang praktek di wilayah Desa Bedulu. Panas korban pun tidak kunjung turun dan sempat sesak napas, selanjutnya korban diajak ke RS Sanjiwani Gianyar pada 30 Oktober. 

"Saat panasnya mencapai 39 derajat, ia langsung diajak ke UGD dan dirawat di ruang ICU. Saya sudah panik, karena tumben masuk rumah sakit. Setiap ditemui, dokter dan perawat meminta saya untuk berdoa," ungkapnya.

Selama 10 hari dirawat di ruang ICU, akhirnya nyawa I Nyoman Tirtayasa tidak tertolong. Ia meninggal dunia pada Sabtu (9/11) pukul 11.00.  Jenazah korban langsung diupacarai, dibawa ke kuburan Banjar Taman, Desa Bedulu untuk dikubur. 

Dikonfirmasi, Direktur Utama RSUD Sanjiwani Gianyar, dr. Ida Komang Upeksa membenarkan Nyoman Tirtayasa meninggal karena DB. "Pasien mengalami Dengue Shock Syndrome (DSS) yang terjadi pada penderita Dengue Hemorhagic Fever atau Demam Berdarah Dengue. Dengue adalah penyakit daerah tropis dan ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti. Nyamuk ini adalah nyamuk rumah yang menggigit pada siang hari," jelasnya. 

Ia menambahkan, bahwa korban meninggal dunia di RS pada 9 November di ruang ICU. Selain itu, selama di RSUD, pasien telah dirawat sesuai Standar Operasional Prosedur yang berlaku.

(bx/ade/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia