Selasa, 10 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Minta Kenaikan Siltap, Perbekel se-Tabanan Gerudug Kantor Dewan

12 November 2019, 17: 31: 58 WIB | editor : I Putu Suyatra

Minta Kenaikan Siltap, Perbekel se-Tabanan Gerudug Kantor Dewan

RAPAT : Suasana rapat Forum Perangkat Desa Kabupaten Tabanan bersama DPRD Tabanan, Selasa (12/11). (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS - Forum Perangkat Desa Kabupaten Tabanan yang terdiri dari para perbekel dan perangkat desa mendatangi Kantor DPRD Tabanan Selasa (12/11) untuk menemui Komisi I DPRD Tabanan. Tujuannya adalah untuk membahas perihal kenaikan penghasilan tetap (siltap) perangkat desa. Namun sayang, APBD 2020 telah ditetapkan sehingga untuk merealisasikan harapan tersebut dirasa sulit.

Diterima langsung oleh Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga dan Ketua Komisi I DPRD Tabanan, I Putu Eka Putra Nurcahyadi dan anggotanya I Gede Purnawan serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Tabanan Roemi Liestyowati, perwakilan Perbekel Tabanan I Gede Komang Restan Wisnawa yang juga Perbekel Desa Delod Peken mengatakan  jika hal itu bermula dari adanya perbincangan mengenai informasi bahwa ada pertemuan yang membahas kenaikan Siltap di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) pada hari Jumat (8/11) lalu. Namun pertemuan lebih banyak dihadiri oleh Pj Perbekel, maklum saja Tabanan baru saja usai menggelar Pilkel dan Perbekel terpilih belum dilantik. "Kemudian kami di kalangan perbekel ada pembicaraan untuk membahas kenaikan siltap itu," ungkapnya.

Ditambahkannya, kenaikan siltap diminta karena beban tugas di desa sangat luar biasa. Maka dari itu dirinya berharap kenaikan siltap dapat diperjuangkan, kendatipun APBD sudah ketok palu. 

Ia bahkan mengaku dengan adanya kenailan Siltap, para perbekel akan bekerja lebih maksimal lagi, termasuk dalam upaya meningkatkan PAD. Dimana diketahui target PAD Tabanan tahun 2020 naik menjadi Rp 450 Miliar.

Atas adanya harapan kenaikan siltap tersebut, Ketua DPRD Tabanan Made Dirga juga mengakui jika memang tugas di desa sangat berat sehingga aspirasi tersebut akan tetap diperjuangkan meskipun APBD 2020 telah ditetapkan. "Mohon maaf sekali, kita telah tetapkan APBD untuk 2020, jadi yang diagendakan sekarang agak sulit. Tetap kita akan diperjuangkan," tegasnya.

Ditambahkan oleh Ketua Komisi I DPRD Tabanan Putu Eka Putra Nurcahyadi jika pihaknya akan akan memperjuangkan aspirasi dari perbekel tersebut. 

Menurutnya pihaknya akan perjuangkan beban kerja dalam bentuk BKK agar tidak masuk pembagi porsi 30 persen - 70 persen.

Dirinya mengatakan sebenarnya sudah ada perhitungan kenaikan untuk tahun 2020. Hal itu melihat dari potensi kenaikan ADD dan pajak. Dimana untuk Perbekel dari yang sebelumnya menerima Rp 5 juta naik menjadi Rp 6 juta, Sekdes dari Rp 3,3 juta menjadi Rp 3,9 juta, Kaur dari Rp 2,550 juta menjadi Rp 2,9 juta dan Kaling dari Rp 2,2 juta menjadi Rp 2,5 juta. 

"Tetapi kenaikan itu masih dirasa ada penyesuaian lagi sehingga ada pengajuan usulan tambahan kenaikan lagi. Seperti yang disampaikan tadi oleh perwakilan Perbekel, dan ya kita lihat ini masih wajar melihat beban kerja mereka," ujarnya.

Dan berdasarkan usulan tambahan, didapatkan rincian rencana kenaikan gaji untuk Perbekel naik Rp 500 ribu dari semula yang didapat sebesar Rp 6,000.000 sehingga total gaji yang didapat Rp 6.500.000 ribu per bulan. Untuk Sekretaris Desa (Sekdes) diminta naik Rp 400 dari semula Rp 3.900.000 sehingga total gaji yang didapat Rp 4.300.000. 

Kaur dan Kasi diminta naik Rp 300 ribu dari semula Rp 2.900.000. Kaur dan Kasi akan mendapat gaji Rp 3.200.000. Sedangkan untuk staff tidak ada kenaikan tetap diangka Rp 2.500.000. Dan terakhir gaji Kepala Lingkungan (Kaling) diminta naik Rp 200 ribu dari semula Rp 2.400.000 sehingga total menjadi Rp 2.600.000. Dengan jumlah permintaan itu, sesuai dengan penghitungan total kenaikan Siltap yang harus dipenuhi sebesar Rp 6.267.000.000. "Sehingga totalnya Rp 6,2 Miliar," pungkasnya.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia