Selasa, 10 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Banyak Jabatan Kosong, KASN Sambangi Bangli

13 November 2019, 11: 22: 09 WIB | editor : I Putu Suyatra

Banyak Jabatan Kosong, KASN Sambangi Bangli

Ilustrasi (ISTIMEWA)

Share this      

BANGLI, BALI EXPRESS - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) turun ke Bangli, Selasa (12/11) kemarin. Hal itu terkait banyaknya jabatan eselon IIa (setingkat kepala dinas, kepala badan) yang telah lama kosong di Bangli. KASN meminta klarifikasi pejabat terkait, termasuk menemui Bupati Bangli I Made Gianyar.

Asisten KASN Bidang Monev John Ferianto mengungkapkan, kedatangannya ke Bumi Sejuk-sebutan Kabupaten Bangli-untuk menindaklanjuti kunjungan DPRD Bangli ke KASN beberapa waktu lalu. Dalam kunjungan tersebut, wakil rakyat Bangli menyampaikan informasi banyak jabatan kosong di Bangli. Sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) hanya diisi pejabat pelaksana tugas (Plt).

“Tujuannya mau klarifikasi, mau dapatkan informasi dari BKD (Badan Kepegawaian Daerah), bupati dan sekda. Kenapa kok lama (lama kosong). Kami harus kumpulkan informasi,” terang John usai audensi dengan Komisi I DPRD Bangli.

Menurutnya, data-data yang didapat di Bangli akan ditindaklanjuti dengan rapat KASN, baru kemudian bisa ditentukan langkah selanjutnya. Yang jelas, kata dia, jabatan tidak boleh lama-lama diisi Plt. Setelah tiga bulan Plt, boleh diperpanjang sambil mencari pejabat definitif. Banyak dirugikan, karena jabatan diisi Plt. Diantaranya, serapan anggaran menjadi tidak bagus, termasuk mengganggu pelayanan masyarakat. Selain merangkap jabatan, kewenangan Plt juga terbatas.

Dengan demikian, pihaknya menyarankan supaya jabatan kosong segera diisi. Melihat sisa jabatan Bupati I Made Gianyar, masih ada waktu melakukan pengisian hingga 8 Januari 2020. Jika setelah itu mau melakukan rotasi hingga pengisian, tetap masih bisa, dengan catatan mendapat persetujuan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

John menegaskan, KSAN sebenarnya sempat mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan rotasi atau mutasi pada 28 Agustus 2019 lalu. Setelah rotasi dilanjutkan pengisian jabatan lowong pada eselon IIb melalui mekanisme seleksi jabatan terbuka. Namun hingga kini rekomendasi itu belum ditindaklanjuti. “Karena belum ditindaklnjuti, kami mau minta klarifikasi. Kami ingin tahu apa yang menjadi alasan dan kendala,” tandasnya.

Data yang didapat Bali Express (Jawa Pos Group), terdapat 11 posisi jabatan eselon IIb diisi Plt. Akhir tahun ini, jumlahnya bertambah karena ada empat kepala OPD memasuki masa pensiun.

Secara terpisah, Bupati Bangli I Made Gianyar mengaku ada kunjungan dari KASN. Hal itu terkait banyaknya jabatan lowong di Bangli, termasuk membicarakan batas waktu Gianyar bisa melakukan mutasi. Menurut Gianyar, pihaknya sudah ada rencana melakukan rotasi dan pengisian. “Rencananya paling lambat Desember (rotasi ASN). KASN menyarankan kalau bisa lebih cepat lagi. Sehingga kami pilih November, tanggal 22 atau 29 sesuai dewasa ayu (hari baik) di Bali,” ujar Gianyar. Setelah rotasi, baru dilanjutkan dengan pengisian jabatan eselon IIb melalui lelang jabatan terbuka. 

(bx/wan/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia