Jumat, 06 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Gede Dana Respons Enteng Manuver Mas Sumatri

20 November 2019, 11: 53: 21 WIB | editor : I Putu Suyatra

Gede Dana Respons Enteng Manuver Mas Sumatri

I Gede Dana (DOK. BALI EXPRESS)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS – Langkah cepat Ketua DPD NasDem Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, yang mulai membangun koalisi untuk bisa kembali menjadi Bupati Karangasem. Salah satunya dengan mencari dukungan ke Golkar, ditanggapi enteng I Gede Dana selaku penantang. Meskipun wacana yang sudah terlanjur berkembang selama ini, dia bakal digandengkan dengan Nengah Sumardi yang berasal dari Golkar. Sehingga sebelumnya wacana koalisi Merah-Kuning santer terdengar.

Kandidat Bupati Karangasem dari PDIP dengan tagline DK1 (Dana Karangasem 1) ini malah melihat pergerakan itu sebagai suatu yang wajar. “Biasa itu di politik. Toh juga belum ada keputusan,” kata Gede Dana saat dikonfirmasi, Selasa (19/11) petang kemarin.

Menurut Ketua DPRD Karangasem ini, pihak manapun dalam partai politik yang sedang didatangi pastinya akan menerima. Dia sebut itulah yang namanya etika politik. “Siapapun yang didatangi masak menolak. Jadi saya tidak terlalu risau. Itu wajar. Itu komunikasi politik,” tegasnya.

Pun demikian saat disinggung, apakah ini akan mengacaukan rencana PDIP untuk membangun koalisi dengan Golkar? Menurutnya, keputusan akhir nantinya ditentukan masing-masing partai. Begitu juga dengan PDIP. “Ini urusan dapur masing-masing ya,” pungkasnya.

Yang jelas, sambung dia, gerak politik PDIP tidak harus sama dengan partai lainnya. Khususnya di Karangasem yang menjadi “medan tempurnya” dalam Pilkada Serentak 2020 mendatang.

“Lobi-lobi kami tidak harus diungkap atau dibuka. Tiap partai punya caranya masing-masing,” tegas politisi asal Datah, Abang, Karangasem ini.

Disinggung, apakah dirinya ada membangun komunikasi dengan partai lain selain Golkar, seperti Gerindra maupun partai lainnya. Dana menggarisbawahi, untuk saat ini pihaknya di PDIP tidak dalam rangka gaet-menggaet dukungan dari partai manapun.

Dia menyebutkan, yang sedang dilakukan pihaknya saat ini adalah menyodorkan visi misi yang ingin diterapkannya sebagai Karangasem 1 bila terpilih nantinya.

“Begini ya, saya tidak ingin gaet-menggaet dulu. Yang ingin saya lakukan saat ini adalah mengajak partai-partai lain ngobrol dulu. Ngobrol mengenai visi misi kami dalam membangun Karangasem kalau terpilih nanti,” tukasnya.

Meski begitu, dirinya tidak memungkiri, sejauh ini pihaknya di PDIP juga melakukan gerakan seperti yang dilakukan NasDem. Bahkan dia menyebut beberapa partai lainnya seperti Gerindra, Hanura, atau Perindo.

“Tapi, sejauh ini semuanya belum final. Nanti kalau sudah ada rekomendasi baru final. Saat ini semuanya (masing-masing partai) sedang berproses,” pungkasnya. 

(bx/hai/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia