Jumat, 06 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Tiap Desa di Karangasem Punya Potensi Bencana

21 November 2019, 10: 24: 36 WIB | editor : I Putu Suyatra

Tiap Desa di Karangasem Punya Potensi Bencana

Ilustrasi (ISTIMEWA)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS - Karangasem disebut memiliki potensi bencana cukup tinggi. Mulai dari gunung berapi, longsor, banjir, tsunami, dan lainnya.

Bukan hanya skala kabupaten saja, tapi setiap desa di Karangasem memiliki potensi bencana yang berbeda.

Berbekal pemahaman inilah, setiap desa di Karangasem menggelar simulasi kesiapsiagaan bencana. Simulasi ini untuk melatih masyarakat dalam menyikapi dan menghadapi bencana.

"Jadi setelah ini (simulasi), kesiapsiagaan dan kapasitas masyarakat menghadapi bencana meningkat. Bisa mengurangi jatuhnya korban," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, Rabu (20/11).

Simulasi yang digelar tiap desa memang digelar secara mandiri. Namun materinya diberikan BPBD, SAR, rumah sakit, dan lembaga lain. Kata Arimbawa, program simulasi telah dicanangkan dalam program desa dengan menggunakan anggaran dana desa.

"Rata-rata, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari. Masing-masing desa harus memahami potensi bencananya, sehingga materinya pun tidak sama," ujarnya. 

Rabu (20/11) kemarin desa yang menggelar kesiapsiagan bencana yakni Desa Seraya Timur. Selain itu, Desa Bugbug juga terlebih dahulu memggelar simulasi kesiapsiagaan bencana.

Desa Bugbug dan Desa Seraya Timur, Kecamatan Karangasem telah menggelar kegiatan tersebut. Hal ini karena dalam Permendes, diatur dana desa bisa dipakai kegiatan penanggulangan bencana. Diharapkan, desa-desa lainya bisa mengikuti.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia