Kamis, 27 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Bali

Ajak Siswa Cegah Korupsi, Kejari Gianyar Gelar Lomba

26 November 2019, 17: 31: 07 WIB | editor : Nyoman Suarna

Ajak Siswa Cegah Korupsi, Kejari Gianyar Gelar Lomba

LOMBA : Pelaksanaan lomba dalam rangka menyambut Hari Anti Korupsi sedunia di Kejaksaan Negeri (Kejari) Gianyar, Selasa (26/11). (PUTU AGUS ADEGRANTIKA/BALI EXPRESS)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Dalam rangka menyambut Hari Anti Korupsi Sedunia yang jatuh pada tanggal 9 Desember mendatang, Kejaksaan Negeri (Kejari) Gianyar mengajak siswa mengenali korupsi. Dalam rangka itu, Kejari Gianyar menggelar sejumlah lomba yang melibatkan siswa SMP/sederajat bertempat di Kantor Kejari Gianyar, Selasa, (26/11).

Kepala Kejaksaan Negeri Gianyar Agung Mardiwibowo, SH mengatakan, upaya pemberantasan korupsi merupakan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu, Kejari Gianyar menggandeng Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar, menggelar kegiatan dengan melibatkan generasi milenial untuk melawan korupsi sebagai salah satu  tindakan preventif.

"Jadi kami mengajak generasi milenial memberantas korupsi dengan memberikan pemahaman dan mengenalkan pendidikan anti korupsi sejak dini," terang Agung Mardiwibowo.

Lomba tersebut melibatkan tujuh sekolah tingkat SMP/sederajat di Kabupaten Gianyar. Terdiri atas  SMP Negeri 1 Gianyar, SMP N 1 Blahbatuh, SMP N 1 Tampaksiring, SMP N 1 Ubud, SMP N 1 Sukawati, SMP N 1 Tegallalang dan SMP N 1 Payangan. Selanjutnya, para pemenang lomba akan mewakili Kejari Gianyar di ajang yang sama di tingkat Provinsi Bali yang akan dilaksanakan di Kejati Bali, 9 Desember 2019 mendatang.

Salah satu peserta, Komang Tri Santi Kembarani dari SMP N 1 Blahbatuh mengatakan, baru pertama kali mengikuti kegiatan ini. Santi menilai, lomba ini sangat positif karena merupakan salah satu pendidikan anti korupsi dengan cara yang berbeda sehingga mampu menanamkan jiwa anti korupsi sejak dini.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat, karena selain belajar teori, juga dapat berkompetisi dengan sekolah lain serta menambah wawasan tentang bahaya korupsi," kata Santi.

Adapun pemenang masing-masing lomba yakni lomba cerdas cermat, juara I diraih SMP Negeri 1 Gianyar, disusul juara II diraih SMP Negeri 1 Ubud dan juara III diraih SMPN 1 Payangan. Lomba pidato, juara I diraih Ni Wayan Sriyanti dari SMPN 1 Payangan, Juara II Ida Ayu Gede Risna Vistryadewi SMPN 1 Gianyar, dan juara III diraih Luh Devi Nabila Putri SMP N 1 Blahbatuh. Sedangkan lomba yel-yel, juara I diraih SMPN 1 Blahbatuh, juara II diraih SMPN 1 Gianyar, dan juara III diraih SMP N 1 Payangan.

(bx/ade/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia