Selasa, 25 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Bali

Hotel Hantu Bedugul Akan Disulap Jadi The Bedugul Sunrise

26 November 2019, 19: 43: 32 WIB | editor : Nyoman Suarna

Hotel Hantu Bedugul Akan Disulap Jadi The Bedugul Sunrise

HOTEL : Hotel Puncak Indah (PI) Bedugul rencananya akan dikembangkan. (ISTIMEWA)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS – Selain memiliki rencana untuk membangun Rumah Sakit Internasional, Pemkab Tabanan juga berencana menyulap Hotel Puncak Indah (PI) Bedugul yang lebih dikenal dengan ‘Hotel Hantu’ itu menjadi sebuah hotel mewah bernama The Bedugul Sunrise. Pembangunan hotel ini merupakan salah satu pengembangan satelit wisata untuk menunjang objek wisata yang selama ini sudah ada di kawasan Bedugul, Kecamatan Baturiti, Tabanan. Yang tentunya bermuara pada peningkatan PAD Kabupaten Tabanan.

Pariwisata di kawasan Bedugul sudah sejak lama digandrungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Hal itu membuat pihak swasta membangun sebuah hotel megah yang diberi nama Hotel Puncak Indah (PI) Bedugul. Sayangnya proyek yang sudah hampir rampung itu, tiba-tiba mandeg dan terbengkalai hingga saat ini. Kini bangunan tersebut dipenuhi semak belukar, tak terawat, bahkan cenderung angker. Masyarakat pun banyak menyebutnya dengan Hotel Hantu Bedugul. “Melihat hal itu, kami rasa perlu ada inovasi untuk membangkitkan kembali aktivitas proyek, dengan mencermati kondisi pariwisata sehingga mampu memberikan warna baru karena lokasi ini sebagai penyangga objek-objek wisata utama yang ada di kawasan Bedugul,” ungkap Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian Pembangunan (Bapelitbang) Kabupaten Tabanan, Ida Bagus Wiratmaja, Selasa (26/11).

Apalagi lahan tersebut sangat strategis karena terletak di puncak Bedugul dan menyimpan sejuta potensi, sehingga harus dimanfaatkan secara maksimal. Mulai dari pemandangan yang memukau dari seluruh penjuru, di tengah dinginnya hawa Bedugul.

Adapun konsep yang direncanakan Pemkab Tabanan untuk dapat memberikan warna baru adalah pengembangan The Bedugul Sunrise. Nantinya, hotel yang dibangun dapat digunakan sebagai lokasi menginap wisatawan  yang akan dimanjakan dengan pemandangan matahari terbit dari kawasan puncak Bedugul yang indah. “Jadi rencananya bangunan hotel PI yang sudah ada ini akan direnovasi atau dibongkar, diganti dengan jenis bangunan berstandar internasional hotel bintang lima dengan fasilitas lengkap dan elegan,” imbuhnya.

Pejabat yang lebih akrab disapa Gus Wirat itu menambahkan, pengambangan The Bedugul Sunrise akan dilakukan dalam dua tahapan, yakni tahap persiapan yang terdiri dari revisi siteplan, penyusunan DED, pembongkaran bangunan lama dan pembersihan serta pematangan lahan. Kemudian tahap pelaksanaan, dimana pada tahap ini akan dilakukan pembangunan seluruh pekerjaan fisik berupa bangunan hotel, vila, pusat kebugaran dan fasilitas hotel lainnya. Dengan estimasi biaya yang diperlukan mencapai Rp 200 miliar. “The Bedugul Sunrise dirancang untuk menggantikan Hotel PI Bedugul yang terbengkalai, dimana tarif  hotel dirancang kisaran Rp 5 juta sampai Rp 10 juta per malam per kamar,” paparnya.

Dengan perencanaan tersebut, ia pun mengklaim Pemkab Tabanan sudah melakukan komunikasi dengan pemilik asli Hotel PI Bedugul tersebut, yang disebut-sebut seorang pengusaha besar di ibu kota. “Ya kami masih lakukan komunikasi, kemudian nanti baru rancangan ini kami tawarkan ke investor,” pungkasnya.

(bx/ras/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia