Selasa, 18 Feb 2020
baliexpress
icon featured
Bali

Masih Gabeng, Mas Sumatri akan Tanyakan Kelanjutan Dermaga Amed

27 November 2019, 19: 40: 48 WIB | editor : Nyoman Suarna

Masih Gabeng, Mas Sumatri akan Tanyakan Kelanjutan Dermaga Amed

DERMAGA : Rencana pembangunan dermaga di kawasan Amed masih gabeng alias belum jelas. (DOK. BALI EXPRESS)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Pembangunan dermaga di kawasan Amed, Kecamatan Abang, memang sempat mencuat pada masa pemerintahan Bupati I Wayan Geredeg. Namun sampai kini kabarnya belum jelas alias gabeng. Bahkan rencana tersebut kembali mencuat di era pemerintah I Gusti Ayu Mas Sumatri. Banyak yang mempertanyakan kelanjutan pembangunan dermaga tersebut.

Kendati Kementerian PUPR pernah menyurvei lokasi, kecil kemungkinan pembangunan dermaga bisa terwujud. Sementara itu, Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri menegaskan, dermaga di Amed harus terwujud. Baginya, keberadaan dermaga dapat mendongkrak ekonomi masyarakat setempat akibat mobilitas laut yang memadai.

Mas Sumatri beberapa kali sempat mengatakan akan menindaklanjuti pembangunan dermaga di Karangasem. Selain kelanjutan dermaga cruise dipercepat, dermaga Amed juga bisa terealisasi.

"Kami akan tanyakan bagaimana kelanjutan pembangunan dermaga tersebut (Amed) ke (pemerintah) pusat. Survei lokasi memang sudah pernah. Rencana pembangunan dermaga itu memang ada," ungkapnya, Rabu (27/11).

Dermaga Amed rencananya dihubungkan ke wilayah Mapak, Lombok, NTB. Bahkan beberapa tempat di Lombok disurvei pihak Kementerian PU. Salah satunya Pamenang, Lombok Utara. 

"Lokasi di Lombok sempat disurvei. Studi kelayakan masih dikaji (pemerintah) pusat. Pemerintah juga masih timbang-timbang, melihat aspek nasional kalau dermaga dibangun," kata Kepala Bidang (Kabid) Analisa Data Pembangunan Perencanaan Program Pengendalian Evaluasi dan Pelaporan, Bapelitbangda Karangasem, I Gede Diaksa.

Diaksa menyebut, fokus pemerintah pusat saat ini adalah peningkatan SDM. Maka, pembangunan infrastruktur akan dipadatkan. "Kemungkinan pembangunan dermaga masih kecil. Tapi kami tetap komunikasi kok. Kalau ini terwujud, akan bagus bagi masyarakat Karangasem dan Lombok,"  tambah Diaksa.

(bx/aka/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia