Minggu, 26 Jan 2020
baliexpress
icon featured
Bali

Jalur Batusesa ke Besakih Dipasangi Lampu Tenaga Surya

27 November 2019, 19: 53: 50 WIB | editor : Nyoman Suarna

Jalur Batusesa ke Besakih Dipasangi Lampu Tenaga Surya

LAMPU TENAGA SURYA: Ruas jalan menuju Besakih di Banjar Batusesa, Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Karangasem kini sudah terang, setelah dipasangi lampu tenaga surya. (AGUS EKA PURNA NEGARA/BALI EXPRESS)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Warga Banjar Batusesa, Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Karangasem sudah tidak waswas lagi jika melintas pada  malam hari. Sebab, sepanjang jalan dari Banjar Batusesa menuju Besakih, kini sudah dipasangi lampu penerang jalan umum (LPJU).

Pemerintah Karangasem mendapat bantuan LPJU tenaga surya dari Kementerian ESDM. Ada 110 lampu yang sudah dipasang di jalur itu. Bahkan secara khusus Gubernur Wayan Koster pernah meminta ke pemerintah Karangasem agar jalan itu diberi penerangan. 

Permintaan gubernur itu tentu agar citra pariwisata lebih baik. Sebab jalan tersebut kerap dilintasi wisatawan. Di samping juga menekan kriminalitas. "Dulu di sini gelap. Sekarang sudah ada lampu, lebih amanlah," ujar seorang warga, Putu Wirya, Rabu (27/11).

Selama ini keberadaan lampu penerang jalan belum merata di Karangasem. Banyak wilayah yang jalannya tanpa lampu. Kecamatan Kubu seperti di Desa Ban terbanyak. Begitu juga di ruas jalan Kecamatan Bebandem, Selat, Manggis, dan Rendang. Jumlah LPJU milik pemerintah kabupaten, provinsi, dan sebagian pemerintah pusat totalnya 3.100 unit.

Tahun ini pemerintah menganggarkan Rp 4 miliar untuk pengadaan LPJU. Pemasangan akan dilakukan di semua kecamatan. "Kami lakukan secara bertahap. Terutama di Kubu dan Bebandem paling banyak sehingga dipusatkan dulu di sana. Padahal sudah banyak usulan ke kami, biar semua ada penerang jalan," ungkap Kepala Dinas Perhubungan Karangasem Ida Bagus Putu Swastika.

Dia menyinggung ruas jalan tanpa penerangan lebih banyak di wilayah pegunungan, misalnya Desa Ban, Kecamatan Kubu. Bahkan dia kembali menyinggung banyak ruas jalan utama menuju Besakih memang sudah terpasang LPJU, tetapi jumlahnya masih minim. "Yang menuju Besakih ini juga kami atensi. Sangat gelap dulu, sehingga kalau ada lampu, kondisi jadi aman," pungkas Swastika.

(bx/aka/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia