Selasa, 10 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Indahnya Air Terjun Langgahan di Kintamani

28 November 2019, 10: 32: 48 WIB | editor : I Putu Suyatra

Indahnya Air Terjun Langgahan di Kintamani

DITATA : Objek wisata Air Terjun Langgahan terus ditata, untuk memudahkan wisatawan datang ke lokasi. (ISTIMEWA)

Share this      

KINTAMANI, BALI EXPRESS - Air Terjun Langgahan yang berlokasi di Banjar Langgahan Kangin, Desa Langgahan,  Kintamani, Bangli, salah satu destinasi wisata alam yang menarik dikunjungi, karena  memberikan nuansa yang berbeda.

Air Terjun Langgahan sangat  unik karena airnya tidak langsung terjun ke tanah,  namun mengalir pada tebing miring yang ada di lembah sungai. Sumber air yang merupakan mata air alam tersebut, tidak hanya satu titik saja, tetapi muncul di sejumlah titik, sehingga tampil lebih cantik, alam sekitarnya juga  masih alami, hijau dan asri, sangat ideal bagi yang suka menyepi, karena lokasinya tersembunyi dan jauh dari keramaian.

"Berwisata ke destinasi ini tidak saja memberikan pilihan wisata alam yang menyenangkan, namun juga mampu menghadirkan nuansa wisata yang berbeda ," papar Dwi, wisatawan asal Denpasar kepada Bali Express (Jawa Pos Group) pekan kemarin.


Selain air terjunnya yang beda, lanjutnya, pengunjungnya juga kebanyakan wisatawan lokal.
Jika dicapai dari Kota Denpasar, Air Terjun Langgahan ini berjarak sekitar 51 kilometer.
Wisatawan yang ingin menuju kawasan ini tidak akan tersesat. Lokasinya juga cukup strategis, berada di jalur Payangan – Manikliyu – Kintamani.


Objek wisata terdekat dari air Terjun Langgahan adalah objek wisata selfie Hutan Pinus di Glagah Linggah Manikliyu dan Air Terjun Buntin.


Untuk mencapi air terjun ini tidak sulit, karena  bisa dijangkau dengan mudah dengan kendaraan bermotor, bahkan bisa diakses dengan mobil. Sehingga wisatawan tidak perlu susah payah menuruni jalanan terjal untuk mencapai lokasi.


Jalan air terjun yang belum diaspal,  sering juga digunakan sebagai medan offroad  pencinta motor cross. Aktivitas yang bisa dilakukan di air terjun ini, selain berendam di aliran sungai, wisatawan bisa juga melakukan aktivitas fotografi karena pemandangan di sekitar air terjun ini sangat indah.
Selain itu, aliran air sungai yang  jernih dan menyatu dengan aliran air terjun, oleh warga  sekitar, kawasan ini juga dikenal dengan campuhan yang biasanya digunakan sebagai tempat Malukat (membersihkan diri) oleh umat Hindu.


Di kawasan ini sudah tersedia kamar ganti dan warung makan yang dikelola oleh masyarakat sekitar.
Masuk ke kawasn air terjun ini, wisatawan hanya dikenakan donasi seikhlasnya, karena terkait pungutan menunggu proses perizinan dari  pemerintah daerah. Di samping itu, objek wisata Air Terjun Langgahan ini masih dalam penataan, termasuk akses jalan yang baru ditata.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia