Selasa, 10 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Jangkau Sumber Air, Komunitas Taft Bantu Angkut Pipa di Yeh Poh

01 Desember 2019, 19: 48: 05 WIB | editor : I Putu Suyatra

Jangkau Sumber Air, Komunitas Taft Bantu Angkut Pipa di Yeh Poh

TERJANG MEDAN: Anggota pecinta taft membantu menyalurkan pipa ke sumber air Yeh Poh, Manggis, Minggu (1/12). (ISTIMEWA)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Selama ini warga Yeh Poh, Kecamatan Manggis, Karangasem, kesulitan mencari air bersih. Apalagi kemarau panjang kali membuat warga di sana makin gundah memikirkan sumber air.

Ternyata, sumber air ada di atas bukit Yeh Poh. Meski begitu, warga belum mampu mendatangkan air dari sumber tersebut karena lokasinya jauh. Lokasinya sekitar 2,5 kilometer dari kaki bukit. Jalanan terjal dengan kemiringan cukup tajam.

Beruntung, permintaan warga didengar komunitas pecinta mobil taft. Puluhan anggotanya turun membantu warga Yeh Poh. Pemasangan pipa yang selama ini sulit dilakukan, sudah dibantu komunitas tersebut, Minggu (1/12).

Salah seorang anggota komunitas, Gusti Semarabawa menyebut kegiatan sosial itu dilakukan atas permintaan warga setempat. Sebab masalah yang didera selama ini adalah penyaluran air dari sumber menuju rumah warga. Butuh pipa yang cukup banyak. "Sedangkan mendatangkan pipa dan mengangkutnya ke lokasi memang sulit dilakukan," kata Semarabawa.

Uniknya, distribusi pipa menuju lokasi berjalan cukup dramatis. Medan yang sulit membuat salah satu taft lepas pada bagian borem setirnya. Jalanan licin, penuh debu, dan banyak lubang hanya mampu dilalui taft atau khusus offroad yang sudah dimodifikasi. 

"Kami hanya membantu mengangkut pipa dari bawah menuju atas bukit. Memang selama ini sulit untuk mengangkutnya ke atas. Medan cukup ekstrem," ujar Kadek Surya Budi, Ketua Komunitas Pecinta Taft Bali. Setelah pipa sudah diangkut ke atas, Surya berharap pemasangan pipa bisa segera dilakukan agar warga cepat dapat menikmati air.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia