Selasa, 10 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Jelang Munas Golkar, Airlangga Hartarto Klaim 90 Persen Dukungan

01 Desember 2019, 20: 02: 25 WIB | editor : I Putu Suyatra

Jelang Munas Golkar, Airlangga Hartarto Klaim 90 Persen Dukungan

JELANG MUNAS: Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, bersama pengurus DPD I Golkar Papua dalam kegiatan silaturahmi yang digelar di Nusa Dua, Minggu (1/12). (ISTIMEWA)

Share this      

BADUNG, BALI EXPRESS – Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengklaim sudah mengantongi 90 persen dukungan dalam proses perebutan kursi pimpinan partai dalam  Musyawarah Nasional (Munas) yang akan digelar di Jakarta pada 3 sampai 6 Desember 2019 mendatang.

Klaim ini diungkapkan Airlanggar Hartarto dalam Silaturahmi Bersama Ketua Umum Partai Golkar di Nusa Dua, Minggu (1/12). “Dukungan sudah cukup. Ya (yang) disampaikan teman-teman itu. Mungkin sudah 90 persen,” ujar Airlangga Hartarto yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini.

Diakuinya, silaturahmi yang digelarnya di Nusa Dua kemarin terkait dengan pelaksanaan Munas nanti. Sehingga dirinya ingin mengetahui aspirasi kader di bawah. Dan kegiatan yang sama juga sempat dilakukannya di beberapa provinsi. Seperti di Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta.

“Waktu itu di Karawang. Kemudian di Jogja itu dengan Jatim, DIY dan seluruh Kalimantan,” ujar Airlangga Hartarto.

Katanya, silaturahmi ini sudah berjalan sejak Juli 2019 lalu. Kali ini, yang diselenggarakan di Bali, lebih pada silaturahmi dengan para pimpinan partai di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota untuk wilayah Indonesia Timur.

Menurutnya, pada prinsipnya seluruh aspirasi para kader sudah ditampung dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas). Di antaranya mengenai keinginan dari para ketua-ketua DPD dalam menghadapi Pilkada 2020 mendatang.

“Serta harapan-harapan terkait kepemimpinan masing-masing di Partai Golkar pasca Munas,” imbuhnya.

Ada juga aspirasi yang terkait dengan hal spesifik. Semisal otonomi khusus yang disampaikan para kader dari Papua. Begitu juga dnegan pemekaran wilayah di wilayah tersebut.

Menyinggung soal Munas di Jakarta, persiapan sudah dilakukan secara menyeluruh. Menurut rencana, Munas akan dihadiri Presiden Joko Widodo. Dan pada saat penutupan nanti, yakni pada 5 Desember 2019 mendatang, ditutup oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Sebelumnya, di dalam silaturahmi tersebut, pengurus DPD I Golkar Papua, menyampaikan dukungannya kepada Airlangga Hartarto untuk memimpin Partai Beringin kembali. Dukungan itu disampaikan Jacobus Ingratubun selaku Sekretaris DPD I Golkar Papua Jacobus Ingratubun.

Dia menyebutkan, dukungan tersebut sebagai hasil dari keputusan dalam Rapat Pleno Diperluas yang digelar jajarannya pada 29 November 2019 lalu. “Hasil Rapat Pleno yang diperluas memutuskan bahwa dari 29 kabupaten/kota di Papua, tetap mencalonkan Bapak Airlangga (Hartarto) sebagai ketum,” sebutnya.

Salah satu pertimbangan yang disebutkannya terkait dukungan tersebut adalah kesanggupan Airlangga Hartarto membawa Golkar mampu bertahan dan masuk sebagai partai pemenang dalam Pemilu 2024 lalu.

Karena itu, pihaknya di Papua, mulai dari DPD I sampai dengan DPD II menyatakan bulat mendukung Airlangga Hartarto memimpin Golkar kembali untuk periode 2019-2024.

Bahkan, dia menyebutkan, pihaknya sengaja menyampaikan dukungan tersebut dalam silaturahmi itu karena baru kali ini diminta menyatakan dukungan. “Ya karena baru sekarang kami diminta menyatakan dukungan,” tukasnya.

Dia menepis spekulasi yang menyebutkan dukugan itu didasari tekanan. Meskipun disampaikan pada masa-masa injury time. Menurutnya, ini lebih karena proses konsolidasi yang terbentur jarak dan kondisi geografis.

“Tidak ada (tekanan). Tidak ada kesan terlambat. Papua kan beda dengan yang lain. Kalau di Jawa beberapa jam bisa keliling. Tapi kalau di Papua perlu waktu panjang dan transportasi yang sulit,” pungkasnya.

(bx/hai/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia