Selasa, 10 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Gasak Uang Toko, Basir Digiring ke Polres Tabanan

02 Desember 2019, 19: 05: 57 WIB | editor : Nyoman Suarna

Gasak Uang Toko, Basir Digiring ke Polres Tabanan

PENCURIAN : Pelaku pencurian diamankan di Mapolres Tabanan, Senin (2/12). (ISTIMEWA)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS - Seorang pria digiring jajaran Satreskrim Polres Tabanan setelah nekat melakukan pencurian di toko Ayu Perdana milik I Putu Sutika Patra, 61, alamat Banjar Bakisan, Desa Denbantas, Tabanan, di Jalan Yos Sudarso, Nomor 6A, Banjar Malkangin, Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan. Akibat peristiwa tersebut, korban mengalami kerugian mencapai Rp 9 juta.

Peristiwa itu bermula ketika Selasa tanggal 24 September 2019 sitar pukuk 07.00 Wita, menantu korban seperti biasa membuka toko. Namun pada saat masuk ke dalam toko, menantu korban terkejut melihat laci meja kasir sudah dalam keadaan terbuka dan kunci mobil yang di simpan di laci kasir sudah berpindah. 

Kemudian menantu korban mengecek laci tersebut, dan ternyata uang yang tersimpan di laci yang semula berjumlah Rp 9.000.000, setelah dihitung hanya tersisa Rp 2.000.000. Atas kondisi tersebut, menantu korban menelepon istrinya Ni Ketut Erna Ernika Sari, untuk menanyakan apakah ada mengambil uang dalam laci. Namun istrinya menjawab, tidak ada mengambil. Menantu korban pun mengecek rekaman CCTV yang terpasang di dalam toko, dan terlihat seorang laki-laki masuk kedalam toko. Hal itu kemudian dilaporkan ke Polres Tabanan.

Berbekal laporan dan keterangan dari korban, Satreskrim Polres Tabanan melakukan penyelidikan dengan melakukan olah TKP serta meminta keterangan dari sejumlah saksi. "Kami juga memeriksa rekaman CCTV, dimana terekam seorang laki-laki memakai jaket berwarna hitam kombinasi merah dengan gambar orang silat/beladiri di bagian belakangnya," ujar Kasat Reskrim Polres Tabanan AKP I Made Pramasetia, Senin (2/12).

Atas petunjuk tersebut, penyelidikan dilanjutkan di seputaran TKP hingga didapatkan informasi bahwa ada seorang laki-laki yang sering menggunakan jaket dengan motif tersebut bekerja di pencucian sepeda motor di dekat TKP tetapi berasal dari Desa Sai, Kecamatan Pupuan, Tabanan.

Akhirnya, Senin (2/12) sekitar pukul 13.00 Wita, Satgas Tindak Ops Pekat Agung II 2019 mendapatkan informasi bahwa laki-laki tersebut terpantau berada di wilayah Desa Sai. Pria bernama I Putu Liong Dwiangga, 19, alias Basir itu pun diamankan di rumahnya di Banjar Yeh Busbus, Desa Sai, Kecamatan Pupuan, Tabanan kemudian diamankan ke Mapolres Tabanan beserta barang bukti. "Setelah diinterogasi, pelaku mengakui perbuatannya," lanjutnya.

Adapun barang bukti yang diamankan berupa obeng, jaket yang digunakan pelaku saat beraksi, satu unit HP merk OPPO, serta uang tunai sebesar Rp 3,5 juta.

"Adapun modus operandi pelaku adalah masuk dengan memanjat pagar tembok rumah dan menuju lantai 2 rumah, kemudian mencongkel jendela bagian depan rumah lantai 2 dengan menggunakan alat berupa obeng, lalu menuruni tangga menuju lantai 1, selanjutnya mengambil uang yang tersimpan di laci meja kasir lantai 1," pungkasnya.

(bx/ras/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia