Selasa, 10 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Peringati Hari AIDS Sedunia, Wabup Suiasa Lepas Jalan Santai

02 Desember 2019, 21: 49: 39 WIB | editor : Nyoman Suarna

Peringati Hari AIDS Sedunia, Wabup Suiasa Lepas Jalan Santai

JALAN SANTAI: Wabup Suiasa melepas jalan santai Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi di Lapangan Umum Mengwi, Minggu (1/12). (HUMAS SETDA BADUNG FOR BALI EXPRESS)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS - Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia 2019 di Kabupaten Badung, Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi bekerjasama dengan Komisi Penangulangan AIDS (KPA) Badung melaksanakan kegiatan jalan santai. Kegiatan ini dilepas langsung Wakil Bupati yang juga Ketua Pelaksana KPA Badung I Ketut Suiasa di Lapangan Umum Mengwi, Minggu (1/12). Kegiatan bertema ‘Bersama Masyarakat Meraih Sukses’ dirangkaikan dengan Karang Taruna Festival 2019.

Di sela-sela kegiatan, Wabup Suiasa menyampaikan apresiasi atas kegiatan jalan santai yang bersinergi antara KPA dan karang taruna dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia 2019 setiap 1 Desember. Dikatakan, kegiatan ini bertujuan menyosialisasikan tentang bahaya penyakit sosial, khususnya HIV/AIDS. Sebab juga merupakan ranah tugas dan tanggung jawab dari keberadaan karang taruna. Karena karang taruna dibentuk oleh pemerintah sesuai undang-undang, dan sebagai mitra kerja yang bersama-sama dengan pemerintah yang berkedudukan di desa untuk turut serta berperan aktif terhadap permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. "Keberadaan karang taruna ini sangat strategis dalam mencegah penyakit sosial terutama HIV/AIDS. Mengingat keanggotaannya yang terdiri dari generasi muda selaku generasi penerus sehingga nantinya dapat terhindar dari penyakit-penyakit sosial tersebut, salah satunya dalam hal penangulangan HIV/AIDS itu sendiri," tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, dari segi kasus dimana di Badung adanya peningkatan kasus HIV/AIDS dari tahun 2017 hingga 2019. Ini disebabkan karena Badung merupakan daerah pariwisata dan banyak warga pendatang. Mereka yang datang ke Badung malu atau enggan melaporkan keadaannya penyakitnya dari negara atau daerah asalnya. Tetapi setelah di Badung baru mereka memeriksakan keadaan penyakitnya, sehingga tercatat secara administrasi di Kabupaten Badung. "Kami tahu bahwa teman-teman yang bertugas bisa merahasiakan identitas seseorang yang terkena penyakit HIV/AIDS, sehingga aman terhadap yang bersangkutan," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Jalan Santai I Ketut Mardika melaporkan, kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan setiap 1 Desember dalam rangka memperingati hari AIDS Sedunia, sekaligus dikaitkan dengan Karang Taruna Festival 2019.

Lebih lanjut dilaporkan, serangkaian kegiatan menyambut Hari AIDS ini, KPA Badung juga melaksanakan program lintang sehat, seraya menghilangkan stigma diskriminatif bagian ketiga, ‘Aku Tahu Aku Cegah’ yang dilaksanakan September hingga November 2019. Sasarannya, seluruh SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Badung dengan masing-masing kelas satu narasumber.

Di samping itu, juga dilaksanakan kegiatan bagi brosur dan bunga mawar tepat pada 1 Desember di seputaran Jimbaran dan Kampus Unud, yang bekerjasama dengan Karang Taruna Darma Kanti Kelurahan Jimbaran. "Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada wakil bupati yang juga ketua pelaksana KPA Badung, dan para sponsor lainnya yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini, sehingga bisa berjalan sesuai dengan harapan," katanya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kepala BNN Badung AKBP Ni Ketut Masmini, Sekretaris KPA Badung dr. Putu Sunadiyari, Panglingsir Puri Ageng Mengwi AA Gde Agung yang juga anggota DPD RI, perwakilan Camat Mengwi, Pj. Perbekel Mengwi IB Suryana, Bendesa Adat Mengwi AA Gede Gelgel, para undangan serta tokoh masyarakat Desa Mengwi.

(bx/adi/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia