Selasa, 10 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Jelang Akhir Tahun, Rp 11,5 Miliar Dana Hibah Klungkung Belum Cair

02 Desember 2019, 22: 28: 48 WIB | editor : Nyoman Suarna

Jelang Akhir Tahun, Rp 11,5 Miliar Dana Hibah Klungkung Belum Cair

Dewa Putu Griawan, Kepala BPKPD Kabupaten Klungkung (I MADE MARTAWAN/BALI EXPRESS)

Share this      

SEMARAPURA, BALI EXPRESS - Meski kini sudah mendekati akhir tahun, ternyata masih ada dana hibah yang dianggarkan APBD Klungkung belum cair. Data di Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Klungkung, dana hibah yang belum cair mencapai Rp 11,5 miliar. Itu merupakan hibah untuk badan, lembaga dan organisasi masyarakat.

Kepala BPKPD Kabupaten Klungkung Dewa Putu Griawan, Senin (2/12) mengatakan, dana hibah itu belum cair karena permohonan pencairan belum masuk ke instansinya. Padahal, jika permohonan sudah masuk ke BPKPD, paling lambat sepekan dana sudah cair. Dana hibah yang belum cair itu terdiri dari 143 permohanan atau calon penerima. “Kami belum tahu sudah sejauh mana proses di pemohon maupun di OPD terkait. Yang jelas, dari dana Rp 11,5 miliar itu, baru beberapa yang permohonannya sudah di sini,” terang Griawan.

Dia menyebutkan, dana hibah belum cair tidak hanya yang dianggarkan pada APBD Perubahan 2019, namun banyak juga dana yang telah teranggarkan pada APBD Induk 2019. Karena itu, dia berharap pemohon segera mengurus administrasi, supaya dana hibah cepat cair, mengingat waktu semakin mepet. Tutup tahun 2019 kurang dari sebulan. “Biar tidak sia-sia pemerintah menganggarkan, ternyata tidak dicairkan,” katanya.

Dia pun mengingatkan, pengerjaan fisik yang dananya dari dana hibah itu harus sudah selesai paling lambat 31 Desember 2019. Selanjutnya, penerima membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan. Paling lambat 10 Januari 2020 laporan harus sudah disetor kepada Pemkab Klungkung. “Sekarang tergantung di masyarakat. Kembali ke penerima (mau dicairkan atau tidak karena melihat waktu yang mepet, red),” ujar Griawan.

Seperti diketahui, dana hibah yang dianggarkan Pemkab Klungkung pada APBD 2019 sebesar Rp 49,2 miliar. Dari jumlah itu, Rp 41,3 miliar dianggarkan pada APBD Induk. Kemudian APBD Perubahan ditambah Rp 7,9 miliar.

(bx/wan/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia